Apa Yang Diulas Pada Aspek Pemasaran


Masalah-masalah pemasaran tidak ada habisnya. Demikian terjadi karena pasar dan perilaku pelanggan bergerak dinamis. Para pemain usaha di berbagai sektor industri berusaha secara kreatif dan inovatif dalam mengatasi masalah-masalah pemasaran yang terus muncul tersebut.

Contoh-contoh permasalahan pemasaran:

  1. brand produk/jasa tidak punya keunggulan yang sangat berbeda
  2. brand tidak memiliki identitas yang jelas
  3. tidak jelasnya profil pelanggan yang ditargetkan
  4. brand tidak berkomunikasi dengan target pelanggan
  5. tidak bertempur di ceruk pasar yang sepi kompetitor
  6. channel yang tidak sesuai dengan profil dan perilaku pelanggan

Yang paling sering dilupakan, padahal merupakan yang paling penting dari pemasaran, adalah aspek-aspek penjualan. Misalnya:

  1. portfolio produk tidak lengkap
  2. produk yang diinginkan tidak tersedia
  3. kecepatan delivery produk sampai ke tangan pelanggan
  4. komitmen tim penjualan untuk mencapai target-target yang telah disepakati
  5. realisasi penagihan masih jauh dari harapan
  6. gagal menambah pembeli baru
  7. tidak membuat pelanggan lama berbelanja lagi
  8. tidak membuka area-area penjualan yang baru
  9. pemberian diskon penjualan yang belum tepat sasaran

Pastinya masih lebih banyak lagi. Namun sebagai permisalan, di masing-masing masalah-masalah pemasaran dan penjualan, saya hanya tampilkan 6 dan 9 contoh saja ya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s