mengapa memilih keuangan


Jadi sudah waktunya kamu penjurusan, dan kamu masih butuh beberapa alasan mengapa memilih keuangan sebagai konsentrasi terpilih kamu.

  1. Kamu jago menganalisis dan menyimpulkan informasi yang tersirat dari laporan keuangan 

Ada laporan neraca (balance sheet) untuk mengetahui seberapa kuat keuangan perusahaan. Laporan ini ‘memotret’ kondisi keuangan. Pemahaman akan rumus penting Aset = Liabilitas + Ekuitas akan bantu menjawab beberapa (contoh) hal:

  • seberapa likuid uang perusahaan?
  • apakah perusahaan ‘sehat’ dan mampu menyelesaikan semua kewajiban?
  • berapa harta milik perusahaan sebenarnya?
  • dst.

Ada pula laporan rugi laba (income statement) untuk menjawab:

  • berapa untung yang sebenarnya dari bisnis ini?
  • pengeluaran apa yang membebani perusahaan?
  • berapa omzet selain dari bisnis inti perusahaan?
  • dst

Kombinasi kedua laporan di atas, dapat menjadi petunjuk atas keberadaan hidden information yang kalian butuhkan untuk mengetahui kondisi terakhir perusahaan serta menentukan arah perjalanan ke depan. 

2. Kamu tahan lelah dan capek, malah semakin tertantang bila menemukan persoalan keuangan yang baru 

Meski hanya ‘itung-itungan’ di atas ‘selembar’ Excel, tapi kalkulasi tersebut terasa penting banget untuk kamu. Seakan kalkulasi itu adalah segalanya. Kamu merasa puas bila berhasil menyelesaikan sebuah studi kasus. Hebatnya, this is not the last. Kamu semakin ketagihan dan tertantang (‘give me one more‘) untuk menyelesaikan kasus-kasus yang baru lagi. Padahal, kamu baru saja menghabiskan berjam-jam untuk menjawab permasalahan barusan. Seakan tiada rasa lelah dan capek (‘no pain‘).

3. Kamu geregetan dan bertanya-tanya dalam hati, kenapa kinerja investasi (return on investment, ROI atau return on asset, ROA) hanya segini dan kamu ingin melakukan improvement atas hal itu

Jadi kamu tekun sekali menghimpun beberapa data tentang produk investasi. Baik yang tradisional (harga emas batangan, harga properti di daerah yang akan berkembang) maupun sejenis saham, reksa dana, dan surat utang. Lalu semua data tersebut dibeberkan dalam satu sheet Excel. Dan dibandingkan satu sama lain. Hingga kamu puas kemana harus meletakkan/memindahkan investasi klien kamu.

Semoga beberapa alasan yang sudah dipaparkan di atas dapat menjawab pertanyaan mengapa memilih keuangan sebagai konsentrasi dari pendidikan sarjana/master kamu.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s