Cara Mengatasi Stress


Cara-cara yang saya sampaikan berikut ini adalah cara-cara yang berhasil saya terapkan untuk diri saya sendiri. Tentu anda boleh menggunakan cara-cara ini secara gratis (benar-benar tidak usah bayar, maksudnya :p). Tapi kuncinya adalah anda harus terus berusaha memahami diri sendiri. Karena inti dari stress management adalah bagaimana anda (kamooh, kalo kata anak alay) mengenali penyebab stress pada diri anda serta apa saja cara-cara yang berhasil mengatasi stress anda. Tidak lain karena tidak semua cara akan berhasil untuk semua orang. Masing-masing pribadi punya kiat sukses masing-masing.

Saya sendiri mencari tahu tentang stress management for myself ini karena pekerjaan saya sekarang sangat dekat dengan stress. Sepanjang waktu dihabiskan untuk berpikir memikirkan bagaimana bisnis klien supaya bisa berhasil dan sukses. Apalagi semakin mendekati deadline, semakin stres justru harus dihindari. Karena stres akan menghilangkan kreativitas dan ide-ide segar sebagai sumber lahirnya “aha! moment” yang kemudian kami deliver kepada klien.

Mengaji Al Qur’an  
Kuncinya adalah jangan baca sedikit-sedikit. Atau hanya 1-2 halaman semata. Justru harus diperbanyak. Menurut pengalaman saya, 4 lembar (8 halaman) adalah angka minimal yang harus dipenuhi. Di halaman ke-8 tersebut, stres mulai menjauh dari benak kita. Selanjutnya? Terserah anda. Lebih keren kalau diteruskan hingga selesai satu juz. Ingat program “One Day One Juz”. Tapi menurut saya pribadi nih, 4 lembar sehari sudah cukup untuk menghilangkan stres kita.

Variasi Olahraga 
Jangan cuma nge-gym doang yang kelihatannya keren. Lama-lama bisa bosan kalau olahraganya di gym doang. Coba kombinasikan dengan olahraga yang lain. Misal, olahraga yang tidak keluar rumah (senam depan TV, aerobik ikut video YouTube, dsb) atau justru sebaliknya: berolahraga di luar rumah (lari pagi keliling kompleks, dll). Boleh juga kalo ikutan klub futsal, klub yoga, atau sejenisnya. Dapat dua sekaligus kan; olahraga plus sosialisasi.

Tidur yang Cukup
Apa itu tidur yang cukup? Saya kira tidak harus 8 jam sehari. Kasihan 1/3 umur sehari dipakai untuk tidur. Masih banyak yang bisa dilakukan. Tapi tidur cukup adalah tidur sampai badan anda puas dengan istirahat. Justru ketika kita rajin berolahraga, seringkali waktu tidur malah lebih pendek dari 8 jam. Karena badannya sehat, maka pulih-dari lelah-nya juga cepat. Maka tidur pun lebih singkat, yang penting cukup.

Ikut Komunitas
Punya komunitas dong. Ikut sosialisasi. Ga harus serius, tapi harus fun. Biar rileks tapi produktif. Dan banyak ketawa juga kan kalau di komunitas. Apalagi di social media banyak komunitas yang bisa diikuti. Tinggal cari yang disukai aja. Sekarang ada Indonesia Berkebun, satu contoh komunitas yang dibesarkan oleh Twitter. Ga usah takut ikut banyak komunitas.  Lama-lama juga akan tersaring di komunitas mana kita cocoknya. Baik cocok kegiatannya, maupun cocok sama orang-orangnya.

Sementara itu dulu, kali lain saya share lagi. Silakan share juga pengalaman teman-teman dalam mengatasi stress di sini. Manatau bisa bermanfaat untuk yang lain.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s