Komponen Teknologi Perbankan


Sebagaimana saya singgung sebelumnya dalam empat komponen teknologi, bahwasanya keempat hal tersebut adalah krusial dalam implementasi teknologi di suatu perusahaan. Untuk memperjelas gagasan tersebut, saya coba uraikan lebih lanjut melalui contoh bagaimana empat komponen teknologi tersebut diterapkan dalam organisasi perbankan.

  1. humanware. Manusia dalam organisasi harus memahami bagaimana teknologi diterapkan, digunakan, dikendalikan serta diawasi penggunaannya. Jadi tidak serta-merta instal teknologi lalu melupakannya begitu saja sembari berharap teknologi akan berfungsi sebagaimana mestinya.
  2. technoware. Di perbankan, teknologi yang paling utama serta memberikan dampak yang luar biasa, serta mampu memberikan keunggulan kompetitif adalah teknologi informasi. Inilah teknologi yang paling banyak digunakan serta menjadi perebutan oleh para pemain perbankan di pasar. Karena barangsiapa yang lebih dahulu menginstalasikan lalu menghantarkannya ke pasar melalui produk dan jasa sendiri, maka dialah yang akan jadi pemenang.
  3. organware. Di perusahaan sejenis bank, biasanya ada dua unit yang berfungsi dalam pengelolaan teknologi. Yang pertama adalah bagian stratejik teknologi informasi. Fungsinya adalah memetakan kebutuhan teknologi ke depannya. Mengingat teknologi informasi semakin maju, dan hal ini diikuti dengan perubahan perilaku nasabah dalam ber-bank (banking). Evaluasi penerapan sistem informasi perbankan juga dilakukan oleh unit ini. Yang kedua adalah unit yang berfungsi secara teknis dalam implementasi teknologi informasi tersebut di perusahaan bank. Jadi, secara khusus unit inilah yang bekerja sama dengan para vendor teknologi informasi.
  4. infoware. Dalam implementasi teknologi informasi tersebut, pihak bank tidak hanya terima beres saja dari vendor. Pekerjaan bersama berikutnya adalah pengembangan dokumen-dokumen terkait teknologi yang baru saja/akan diimplementasikan. Berbagai dokumen ini dikembangkan baik untuk mereka yang akan menggunakan, maupun untuk para teknisi serta unit stratejik terkait. Dokumen-dokumen ini fungsinya untuk membantu jalannya pengawasan serta pengendalian teknologi informasi yang baru saja diterapkan.

Demikian contoh yang demikian singkat ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membutuhkan dan akan menggunakan.

One thought on “Komponen Teknologi Perbankan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s