Value(s) Marketing


Jualan paling sulit itu adalah jualan nilai-nilai. menawarkan nilai-nilai dalam hidup kepada para calon “pembeli”. Bukan jual barang (saja), bukan jual jasa (saja). Tapi bagaimana mengubah seseorang menjadi “penyebar” nilai-nilai.

Seven-Eleven (Sevel) memang menjual makanan dan minuman saja. Tapi bukan hanya itu. Bukan sekedar snack-snack ringan bersama minuman karbonasi atau kopi. Tapi Sevel menawarkan gaya hidup “nongkrong” kepada masyarakat banyak, khususnya pemuda-pemudi Jakarta.

Menjual Cerita

Salah satu caranya adalah menjual cerita. Gerakan Indonesia Berkebun yang berbau CSR sangat menarik untuk “diceritakan” kepada masyarakat. Di tengah-tengah polusi udara yang semakin pekat, menjual gagasan Indonesia Berkebun terasa semakin mudah. Para pegiat kebun di perkotaan kian intens merawat kebun masing-masing. Selain mengurangi polusi, kebun-kebun skala kecil menjadi aktifitas baru bagi kaum urban.

Menjual Mimpi

Ketika saya masih kuliah, saya pernah aktif di kabinet kampus. Ketika masih masa pencalonan, kami menyusun kalimat “Mari kita buat Indonesia Tersenyum”. Ini adalah visi sekaligus tagline kami. Mungkin pakar manajemen strategi akan marah mendengar visi seperti ini. Tak apalah kiranya karena konteks politikšŸ˜€ Tapi kenyataannya kalimat visi seperti inilah yang laku ditawarkan kepada masyarakat kampus. Karena visi ini menjual/menawarkan mimpi-mimpi indah kepada para calon pemilih. Yang sekaligus menjadi ajakan kepada mereka untuk turut mewujudkannya.

Sharia Marketing

Sama juga dengan sharia marketing. Marketing produk dan layanan sharia, yang saat ini masih didominasi perbankan-juga termasuk Values Marketing. Layaknya Values Marketing yang lain, karakteristik harus di-copy-paste dari konsep-konsep yang ada sebelumnya. Yaitu memberikan solusi agar para konsumennya dapat menjalankan kepercayaan/keyakinan dengan mudah. Pada level nasabah perorangan seperti inilah, sharia marketing seharusnya dijalankan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s