Usual Marketing: Branding and Selling


Kali ini, saya akan coba kupas yang namanya “Marketing” alias “Pemasaran” dari sisi tujuan dilakukannya aktivitas-aktivitas tersebut.

Dulu, marketing itu sama dengan sales sekarang. Yaitu, menawarkan barang atau jasa kepada para calon  pengguna. Semua tools penawaran masih dilakukan oleh  manusia sendiri, di samping belum berkembang metode-metode mutakhir juga disebabkan karena calon pembeli adalah manusia juga. Full of Human Touch, lah pokoknya. Dan intinya adalah menawarkan kepada calon pembeli. Baik agar membeli  sekarang, ataupun hanya sekedar menyampaikan informasi.

Sekarang, marketing berkembang ke berbagai  bidang. Mulai dari aktivitas above the lain  (ATL) dan below the line (BTL), lalu ada community marketing, customer relationship management (CRM) dan lain sebagainya. Dari semua aktivitas tersebut, baik dahulu  maupun sekarang, tujuannya hanya ada 2 dan masih  seperti yang dulu.

Dalam jangka pendek, tujuan yang harus terakomodir adalah selling alias jualan. Berhasil selling berarti berhasil  memastikan bahwa produksi dan kegiatan lainnya bisa berjalan lagi untuk esok hari. Termasuk untuk membayar gaji karyawan. Aktivitas marketing-nya apa? bisa consumer promotion, atau trade promotion. Intinya memberikan surprise pada calon pembeli, baik dari sisi harga maupun  manfaat yang ditawarkan. Beli satu dapat dua, atau beli sekarang diskon 10%, dan berbagai  macam contohnya.

Yang kedua adalah branding.  Artinya, mengkomunikasikan segala hal tentang merek kita kepada pembeli dan calon pembeli. Penjualan belum tentu akan terjadi sekarang, tetapi pemasar berharap penjualan dapat terjadi nanti. Mengapa, karena aktivitas branding yang sukses akan berhasil  menempatkan merek dalam benak  konsumen. Orientasi dalam branding memang jangka panjang. Ilustrasinya adalah membangun kavling dalam benak  konsumen, di mana di kavling tersebut tertulis merek kita dengan berbagai atribut-atributnya. Contoh atribut: murah tapi berkualitas, mahal tapi membanggakan, dan lain sebagainya.

Elemen branding bermacam-macam. Mulai dari nama merek, harga, kemasan, pilihan warna, dan berbagai lainnya. Penghantaran elemen-elemen ini harus dilakukan secara konsisten. Tidak boleh  berubah begitu cepat. Ibarat bercocok tanam, branding adalah menanam benih, memupuk dan mengairi. Branding terbukti berhasil  ketika pembeli melakukan pembelian ulang, atau memberikan rekomendasi kepada orang lain  untuk  membeli apa yang dia gunakan.

Hasil proses branding mungkin baru akan terlihat dalam jangka panjang, tetapi branding adalah upaya berat yang harus dirumuskan dan dilakukan sejak sekarang. Pada keadaan paling buruk, jasa atau produk yang kita tawarkan tidak dianggap berbeda oleh konsumen alias menjadi komoditi. Lebih lanjut, menjadi komoditi berarti bersaing dengan produk atau jasa yang lain tanpa keunggulan relevan yang teringat oleh  konsumen. Istilahnya, tidak ada masalah bagi konsumen apakah membeli dari kita atau dari penjual yang lain.

Hal ini  juga yang berlaku dalam online marketing. Social media atau website adalah tools untuk  melakukan aktivitas marketing. Tetapi, tujuan-tujuannya tetap sama. Lagi-lagi kembali kepada branding dan selling.

Branding untuk  menciptakan ekuitas merek di benak konsumen, lalu selling untuk memperoleh penjualan langsung dari konsumen. Bentuk-bentuk branding dan selling yang dilakukan bisa jadi sama dengan offline marketing. Ada komunikasi merek, ada promosi penjualan. Yang berbeda hanya mediumnya, yaitu offline atau online.

Segala perbedaan-perbedaan  lain yang muncul bila membandingkan offline marketing dengan online marketing, selalu hanya karena perbedaan medium itu sendiri. Online, karena menggunakan media digital maka akan selalu terasa cepat dan murah. Meskipun ada banyak pesaing yang juga membombardir konsumen dengan info-info yang nyaris sama dengan kita.

Artikel saya yang lain, tentang branding:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s