buat diri anda nyaman sebelum presentasi


Jangan mulai presentasi, sebelum anda merasa nyaman untuk melakukannya. Itu saran saya.

Saya melihat, banyak yang masih grogi, tapi sudah langsung mengambil sikap “Let’s start, so we can finish faster”. Dan keluarlah kata-kata dari tenggorokannya dengan secepat kilat. Sampai hadirin dibuat bengong mendengarnya dan tidak paham apa yang baru saja disampaikan.

Contoh tersebut, adalah satu contoh presenter yang tidak nyaman dengan keadaannya.

Dia merasa tidak nyaman dan ingin segera menyelesaikan ketidaknyamanan itu. Padahal, ada kepentingan lain yang lebih besar: hadirin ingin memahami apa yang akan disampaikan oleh pembicara/presenter tersebut. Akhirnya, kepentingan ini gagal diakomodasi oleh pembicara ini.

Para pembaca yang budiman, lihatlah betapa buruk ketidaknyamanan sebelum presentasi/public speaking bagi  kita. Keadaan yang tidak nyaman itu, ditambah dengan egoisme kita hanya akan berdampak pada kegagalan demi kegagalan. Bila kita gagal mengatasinya.

Sesungguhnya, solusinya teramat sangat sederhana. Bila anda merasa tidak nyaman dengan suasana sekitar anda sebelum anda presentasi, maka buatlah diri anda nyaman. Anda adalah orang yang harus beradaptasi dengan lingkungan. Bukan mereka, apalagi suasana panggung presentasi yang tidak nyaman.

Di bawah ini, saya akan tuliskan beberapa saran yang akan membuat ketidaknyamanan anda hilang dalam sekejap. Silakan baca, kemudian ingat, dan terapkan sebelum anda memulai presentasi/public speaking.

  1. Bila anda adalah pembicara seminar, terutama seminar umum, bersikap santai saja dengan cara mengobrol dengan pembicara yang lain. tidak usah pusingkan slide yang belum sempurna, atau hafalan presentasi yang belum anda tuntaskan tadi malam. Santai saja, mari mengobrol dengan  pembicara yang lain. Ini akan membuat anda lebih rileks sebelum berbicara kepada orang banyak.
  2. Anda juga dapat mengobrol dengan panitia penyelenggara seminar, atau dengan liason officer (LO) yang menemani  anda selama acara. Katakan apa pun, tentang apa yang anda lakukan sehingga anda diundang berbicara dalam seminar tersebut, atau bertanya apa saja tentang tema atau maksud seminar yang diadakan. Kedua contoh  tersebut adalah kalimat pembuka sebelum obrolan-obrolan berikut yang akan membuat anda merasa lebih  nyaman sebelum berbicara di depan publik.
  3. Di atas panggung, jangan langsung memulai presentasi/pidato anda. Mungkin hadirin belum tahu siapa anda, maka anda boleh memulai dengan memperkenalkan diri anda. Santai saja. Tidak kenal maka tidak sayang. Buat mereka sayang dengan anda yang akan berbicara, dengan cara perkenalkan diri anda. Apa sih yang anda lakukan sehingga anda diminta berbicara di depan mereka? Menjawab pertanyaan ini adalah salah satu cara menurunkan rasa grogi atau tidak nyaman sebelum  pidato/public speaking.
  4. Mungkin para tamu undangan sudah mengenal anda. Maka jangan mengulangi cara nomor tiga di atas. Anda boleh menghilangkan rasa tidak nyaman anda, dengan cara menceritakan apa yang baru saja anda alami sebelum  anda hadir di tempat acara. Boleh anda mulai dengan kemacetan yang anda hadapi sehingga anda terlambat,  atau tentang salah seorang kawan lama anda yang saat itu hadir di ruang tersebut. ceritakan saja anda pernah bersama dengan dia dimana dan dalam rangka apa. Ini akan  menghangatkan suasana, terutama bagi anda yang masih tidak nyaman sebelum presentasi.

Tidak perlu lama membuat diri anda nyaman sebelum presentasi. Karena waktu yang dibutuhkan memang hanya sebentar saja. Setelah anda menerapkan salah satu atau beberapa saran di atas, anda akan merasa lebih  tenang.  Maka silakan masuk kepada inti pembicaraan yang ingin anda sampaikan.

Demikian saran-saran ini, semoga bermanfaat dan dapat menunjang karir anda.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s