desain jakarta


Brkunjung k jakarta selalu menyenangkan. Karena jakarta memberikan pengalaman exterior yang luar biasa. Tidak heran kerabat seorang rekan dari malaysia berucap kagum akan komposisi bangunan pencakar langit di ibukota. Lebih indah dibanding kuala lumpur, katanya.

Bagi penikmat seni arsitektur seperti saya, selain faktor keindahan estetik, menganalisis fungsi dan kegunaan suatu desain juga termasuk sajian menarik untuk otak logika kita. Mengapa gedung ditempatkan lebih miring sekian puluh derajat dibanding gedung yang lain, mengapa ada lobby gedung tanpa kursi sama sekali, dan lain sebagainya.

Yang pertama, melalui desain yang berbeda, tiap-tiap gedung selalu berupaya menempatkan dirinya berbeda dibanding gedung yang lainnya. Ini untuk menciptakan ingatan bagi para pengguna atau pengunjung gedung. Hal ini sesuai dengan teori positioning, bahwa pertempuran ingatan terjadinya di benak konsumen. Jadi, image yang tersaji dari desain arsitektur gedung, juga akan menempel dengan image perusahaan/produk, sehingga memperkuat identitasnya.

Kedua, desain tidak sekedar cantik atau indah. Tetapi juga punya manfaat. Nama gedung yang dimiringkan sekian derajat mendekati pengendara, berguna untuk memberitahukan nama gedung tersebut. Lobby tanpa kursi, akan mencegah pengunjung/tamu gedung untuk berlama-lama di lobby. Dan masih banyak macam-macam desain lainnya.

Meskipun macet dan banjir, tapi keindahan exterior ibukota jakarta selalu indah untuk dinikmati. Saya selalu menanti kapan kiranya saya akan kembali ke sana lagi.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s