berani memilih


ada kisah tentang Icarus Dilemma. jadi, icarus adalah seorang anak yang bersama ayahnya, dijebak oleh rajanya sendiri. raja ini ingin menantang bukti kepintaran sang ayah dari Icarus. raja menempatkan ayah dan anak ini ke dalam labirin yang dia buat sendiri, yang tidak ada jalan keluarnya. mereka berdua sudah berulang kali mencari jalan keluar dari labirin tersebut, tetapi mereka tidak menemukan juga jalan keluar itu —yang sebenarnya memang tidak ada.

kemudian, ayah dari Icarus punya ide: mereka akan membuat sayap yang dapat digunakan oleh Icarus untuk terbang meninggalkan labirin, agar berhasil lolos dari teka-teki maut sang raja. sayap tersebut berhasil dibuat, lalu digunakan oleh Icarus sendiri. pesan dari ayahnya adalah, jangan terbang terlalu tinggi karena bila terlalu dekat dengan matahari, maka kekuatan lem akan menurun dan sayap tersebut bisa lepas. kalau benar-benar terjadi, maka Icarus bisa jatuh dan mungkin meninggal dunia.

pada akhirnya, Icarus berhasil terbang meninggalkan labirin teka-teki tersebut, tapi dia akhirnya meninggal dunia karena jatuh. sebabnya adalah, dia terbang terlalu tinggi.

kisah ini,  sesungguhnya banyak dialami oleh kita semua. kita ingin meninggalkan zona yang sekarang kita tinggali, tetapi kita terlalu takut mengambil risiko. bahwa ada kemungkinan hal-hal buruk akan terjadi, manakala kita berani mengambil risiko tersebut. meski baru sebatas kemungkinan, tetapi ini sudah menciptakan ketakutan sendiri dan membuat kita tidak berani memilih dan mengambil keputusan.

meninggalkan pekerjaan tetap sebagai pegawai kantor, lalu berpindah kuadran menjadi pengusaha memang penuh risiko. ada kemungkinan yang baik bahwa keberhasilan akan mendatangkan kekayaan. yang lebih besar daripada sekedar bekerja di perusahaan milik orang lain. tetapi, ada kemungkinan juga bahwa bisnis akan menjebak pada utang, serta kesulitan membiayai kehidupan rumah tangga: makan sehari-hari, kesehatan, pendidikan anak, dan lain sebagainya.

menjadi entrepreneur berarti memilih untuk harus berani memilih. risiko memang ada, tetapi risiko belum menjadi kenyataan sampai risiko buruknya benar-benar terjadi. di balik itu semua, ada secercah cahaya harapan di tengah-tengah amukan badai, bahwa dengan menjadi entrepreneur berarti bisa mendapatkan banyak hal lebih dari sekedar uang yang banyak.

One thought on “berani memilih

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s