menjadi entrepreneur bukan di kampus


hari ini dan besok, ada wisuda di ITB. Master dan Doktor yang diwisuda sekitar 400-an orang, sedangkan sarjana ada 1099 orang. Kalau diibaratkan pabrik, ITB baru saja merilis hasil produksinya: para sarjana, master dan doktor yang siap bekerja untuk orang lain. Dua hari produksi ini, cuma satu di antara tiga kali proses rilis yang dilakukan oleh ITB setiap tahunnya.

wajar siy, ketika para lulusan ini (tidak hanya lulusan ITB, sebenarnya) bersedia bekerja untuk orang lain, bukan untuk dirinya sendiri. karena, mereka terbiasa dengan fasilitas yang sudah ada. mau kuliah, ruang kuliah sudah tersedia. dosen siap mengajar sudah tersedia, dan bisa ditanyakan pula. buku-buku dan jurnal-jurnal penelitian sebagai bahan acuan, sudah ada. pendeknya, tinggal membaca, berpikir, meneliti, lalu menuangkan ke dalam tulisan.

padahal, menjadi entrepreneur itu sangat berbeda dengan dengan menjadi lulusan perguruan tinggi. iya, mereka akan mampu meningkatkan fitur yang ada dalam produk. mereka juga bisa meningkatkan efisiensi produksi, meningkatkan utilitas mesin produksi, dan lain sebagainya. ini yang bisa dan biasa dilakukan oleh lulusan perguruan tinggi.

tapi menjadi entrepreneur berarti membuat ‘satu’ dari ‘nol’. atau dengan kata lain, menciptakan sesuatu yang baru atau menambahkan dari yang sudah ada. dan ini, bukan bidang yang biasa dikelola oleh para mahasiswa hingga akhirnya mereka menjadi lulusan. siapapun, termasuk mahasiswa, harus memulai pelajarannya sendiri untuk ‘meningkatkan nilai dari yang sudah ada’, atau membuat menjadi ‘ada’ sesuatu yang tadinya ‘tidak ada’.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s