memilih program studi di perguruan tinggi


SNMPTN baru saja diumumkan hari jumat lalu. ada yang lulus dan berhasil masuk ke perguruan tinggi. untuk yang ini, saya pribadi mengucapkan selamat. semoga berhasil menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

ada juga yang belum berhasil. tidak apa-apa. kegagalan dalam hidup bukan ditentukan dari kamu berhasil SNMPTN atau tidak, koq. dan masih ada dua kesempatan lagi untuk mencoba, tahun depan dan tahun berikutnya.

untuk diketahui, bagi mereka yang sudah berhasil masuk dan bahkan berhasil keluar (baca: lulus), tidak lantas masa depan menjadi milik mereka saja. sebagai contoh, ada yang kemudian mendapat pekerjaan di tempat yang sesuai dengan bidang studinya.  tapi, beberapa di antaranya menjalani secara terpaksa hidupnya ini. mereka tidak enjoy, tidak passion dengan pekerjaannya. dan mereka masih bekerja di sana, semata karena mereka belum bisa hidup tanpa gaji dari pekerjaan tersebut.

di sisi lain, ada yang berhasil lulus juga, tapi dengan keterpaksaan. artinya, lulus tidak sulit bagi mereka ini. kuliah bisa dijalani dengan relatif mudah: tinggal belajar dan mengerjakan ujian. di akhir masa kuliah, tinggal mengerjakan tugas akhir (baca: skripsi). tapi bukan di sana masalah mereka. ada di antaranya yang sadar dirinya tidak enjoy dengan bidang tersebut, dan memilih meninggalkan bidangnya untuk terjun di bidang lain. tetapi, dari awal. tanpa basic knowledge.

yang ingin saya katakan adalah, pilihlah program studi yang akan kamu senangi untuk mempelajarinya. tidak masalah bila sudah lulus SNMPTN tetapi menolak mengambil jurusan tersebut, bila sadar suatu saat nanti akan tidak suka. lebih baik kuliah di kampus lain, di jurusan lain yang memang sesuai dengan passion kamu. daripada harus menjalani perkuliahan yang tidak disenangi selama 4 tahun, minimal. kalau lancar lho ya, kalau tidak lancar maka bisa sampai 6 tahun. dan alangkah sia-sianya hidup bila menjalankan sesuatu yang tidak disenangi dalam waktu lama.

intinya, sebagaimana prinsip menjalani step by step hidup yang lain adalah: pilih yang sesuai dengan passion kamu dan jalani sepenuh hati 🙂

atau, ingin lanjut ke S2? silakan baca artikel “memilih program studi s2” ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s