Rugi Itu Biasa


beberapa pemilik usaha merasakan rugi itu cuma angka. iya cuma angka. artinya, rugi itu pasti terjadi. dan berapa banyak kerugian akan diderita itu tergantung skala usaha. makin besar usaha, tentu rugi makin besar. kemungkinan bangkrut tetap ada. bangkrut lalu memecat ribuan karyawan, bisa saja terjadi. tapi, seiring dengan kemungkinan rugi yang semakin besar sebenarnya terdapat peluang mendapat keuntungan yang (biasanya) jauh lebih besar.

mereka mengatakan seperti ini, bukan berarti mereka siap merugi dan bersedia rugi terus-menerus. bukan. bukan itu. namanya membangun perusahaan, ya untung adalah hal yang sangat dicari. tapi risiko rugi tetap ada dan harus diminimalisir. tapi kemungkinannya tidak akan terhapus sama sekali. tetap ada, dan masih mungkin terjadi kerugian.

tapi rugi tidak bisa terus-terusan, memang. harus ada untung yang diberikan kepada pemilik usaha. harus ada juga untung yang digunakan kembali sebagai modal. tujuannya jelas, memperbesar aset dan memperbesar skala usaha. kalau untung lagi? ya dibagi-bagi lagi ke pengusaha (pemilik usaha) dan diputar lagi sebagai modal. begitu saja seterusnya.

tapi, sesekali rugi tidak apa. menurut para pengusaha, ya. artinya kerugian akan ada seiring adanya keuntungan. pendapatan usaha akan berfluktuasi, naik-turun. dan bagi para pengusaha, hal tersebut nyaris tidak masalah. karena itu kan mereka menjadi pengusaha? buat mereka, untung dan rugi seringkali cuma angka. kalau ingin pendapatan yang tetap, ya menjadi karyawan adalah jalan menuju itu. tapi mereka para pengusaha tidak masalah dengan pendapatan yang naik turun. termasuk juga sesekali rugi tidak apa. yang jelas, secara jangka panjang harus tumbuh dan menjadi lebih kaya.

yang penting, kalau merugi ya segera dianalisis mengapa bisa terjadi dan harus diberikan treatment supaya tidak terjadi lagi. tapi bukan berbisnis lho namanya klo tidak pernah mengalami rugi sama sekali 🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s