tampil apa adanya di internet


kalau di dunia nyata, orang bisa berperan baik di semua tokoh yang harus dia perankan. di rumah, di kantor/sekolah/kampus, di depan warga masyarakat dan lain sebagainya. tapi tidak demikian di dunia internet. seseorang akan dikenal seperti bagaimana dia memperlihatkan dirinya di internet (termasuk sosial media).

menariknya, karena dunia internet adalah dunia digital, yang mana sifat digital berarti mudah untuk disimpan dalam server, maka hampir semua yang pernah kita tampilkan,  tentu masih ada disana. kecuali kita menghapusnya, itu akan selamanya tersimpan–kecuali kebijakan berbeda dari pemilik platform (seperti kebijakan twitter untuk menghapus twit-twit lama) atau bila website tersebut dihapus untuk selama-lamanya.

apalagi dengan adanya mesin pencari. baik image, video, atau artikel dapat dengan mudah ditemukan. saat ibu Prita Mulyasari sedang heboh diberitakan di media televisi, berbondong-bondong pengguna internet akan mencari siapa sebenarnya beliau, dan apa yang beliau alami. mudah kan? sama mudahnya bila anda tersangkut kasus, dan anda tidak sempat memperbaiki image tentang diri anda. maka yang akan ditampilkan oleh mesin pencari adalah apa adanya dari diri anda.

maka, menggunakan internet tidak boleh munafik. jangan melebih-lebihkan atau mengurangi apa yang sudah ada. tampilkan saja apa adanya. bila memang anda punya kualitas, tentu anda akan dicari dan “dikaryakan”. tapi bila memang anda belum mampu dan masih terus belajar menyempurnakan diri, tidak apa-apa. cukup tampil apa adanya dan sampaikan “harap maklum” bila terjadi kesalahan.

dan justru karena tidak ada yang terlihat sempurna di depan pengguna internet, maka saling melengkapilah. ada yang punya kekurangan dan itu bisa disempurnakan oleh yang punya kelebihan. berkolaborasilah dengan yang lain. ada yang baik dalam pembuatan konten, ada yang ahli dalam distribusi konten, maka keduanya bisa saling bekerja sama. yang jago mendesain kaos belum bisa jualan lewat website, maka bekerjasamalah dia dengan website khusus penjual kaos titipan (contoh: kaosfans).

ingat slogan google : “don’t be evil”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s