strategi harga jual


harga jual yang ditetapkan oleh pemasar memang sudah lebih besar dari semua biaya yang dikeluarkan. artinya, harga jual yang diberikan oleh pemasar memang sudah akan memberikan untung -bila produk tersebut laku di pasaran.

tetapi, harga jual sesungguhnya tidak boleh hanya dilihat sebagai cara membuat untung saja. ada beberapa kaidah yang mesti benar-benar diperhatikan ketika menetapkan berapa harga jual, termasuk harga eceran tertingginya.

  • harga jual harus kompetitif terhadap produk kompetitor. artinya, bila menawarkan manfaat yang kurang lebih sama dengan kompetitor, maka harga harus bersaing. yakni cukup rendah, tetapi tidak menghabiskan marjin keuntungan.
  • harga jual tidak boleh hanya mencakup biaya produksi + laba. tapi sudah harus memperhitungkan komponen biaya pemasaran. iya, termasuk biaya komunikasi, promo diskon, distribusi, dan sebagainya.
  • harga jual harus mencerminkan value yang ditawarkan. karena, dalam bahasa lain, harga jual mencerminkan merek dari produk anda. makin tinggi mereknya, semestinya harga jualnya makin tinggi.

nah, mudah-mudahan ga jadi tambah bingung ya. hehehe😀

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s