Shalat di Perjalanan


dahulukan shalat sebelum berangkat.

itu pesan yang saya tangkap dari ayah saya. mau berangkat, tapi keburu adzan? shalat dulu aja. habis shalat baru berangkat. kita ‘kan ga tau apa yang akan terjadi di perjalanan. siapa tau keburu kecelakaan, terus ke rumah sakit. atau keburu dijemput maut, atau kena macet sampai ga kebagian waktu shalat. keadaan perjalanan ga bisa diprediksi, karena jalanan/rel kereta/laut/udara bukan rumah kita yg bisa kita ukur persis lama perjalanannya :d

kalau dalam perjalanan, sebisa mungkin shalat di waktu yang lebih awal. jadi pas dzuhur, sekalian aja jamak-qhosor dengan yang ashar. alhamdulillah, muslim diberikan kemudahan shalat ketika di perjalanan. atau, bila tidak sempat di awal, silakan lakukan di waktu shalat yang berikutnya. dengan catatan, lakukan shalat yang memang lebih dahulu waktunya. misal, shalat magrib dan isya, di waktu isya. maka, shalat magrib dahulu baru shalat isya🙂

tadi pas ketemu temen, dia sharing gitu. karena pekerjaannya sedang ada proyek di hutan, maka jadwal shalat jadi ikut menyesuaikan. katanya, sebisa mungkin setelah magrib en langsung dijamak dengan isya. tapi bila kelelahan mengganggu konsentrasi shalat, maka shalatnya jelang tidur. karena pekerjaan lapangan yang melelahkan, maka biasanya sudah tidur di awal malam.

sebagai muslim sih tugas saya cuma ngajak shalat. lebih baik bareng-bareng, emang. Islam mengajarkan saya begitu. tapi it’s oke-lah karna agama itu urusan hati masing-masing. toh, selama saya sudah mengajak, berarti kewajiban saya sudah gugur ‘kan? at least, mereka sudah lihat saya menuju masjid/musholla🙂

Tinggalkan Balasan

