kemahasiswaan (yang) terpusat


saya menduga-duga siapa kiranya yang mencari di dunia maya dengan kata kunci “kenapa KM ITB dibentuk” dan “KM ITB adalah”. anda punya jawaban? ada dua kemungkinan menurut saya.

pertama adalah, mahasiswa di kampus lain ingin melakukan benchmark bagaimana membentuk organisasi kemahasiswaan di kampus. mungkin mereka pikir, KM ITB cukup bagus untuk ditiru. atau apakah benar KM ITB cukup bagus untuk ditiru? tapi ide ini akal-akalan saya saja. karena KM ITB masih terus belajar menyempurnakan dirinya. ini yang saya simpulkan setelah pernah beberapa tahun bergelut di dunia kemahasiswaan ITB.

kemungkinan kedua dan yang paling besar adalah, yang melakukan searching adalah peserta kaderisasi fakultas atau kaderisasi di himpunan mahasiswa di ITB. sebabnya jelas, materi tentang kemahasiswaan terpusat adalah materi yang hampir selalu diberikan di setiap kaderisasi kemahasiswaan, terutama pada masa penerimaan anggota baru. iya, calon anggota baru akan dibekali pengenalan terhadap organisasi yang akan dimasukinya. tapi, mereka juga akan dibekali dengan  pengetahuan apa dan bagaimana lingkungan eksternal dari organisasi himpunan yang akan mereka masuki, yaitu kemahasiswaan terpusat.

kalau anda benar mahasiswa peserta ospek, silakan komentar di bawah ya :p

namanya jelas, kemahasiswaan terpusat. artinya adalah, kemahasiswaan yang memusat pada sesuatu organisasi. organisasi yang dibentuk, diisi dan dijalankan oleh segenap elemen-elemen organisasi yang lainnya. bentuknya apa? lembaga eksekutif dan legislatif. jadi kedua lembaga ini dibentuk dan berisikan perwakilan-perwakilan dari organisasi lain yang membutuhkan keberadaan organisasi yang memusat tersebut. wujud finalnya adalah, kongres sebagai lembaga legislatif dan presiden KM ITB yang merupakan individu terpilih untuk memimpin lembaga eksekutif Kabinet KM ITB.

jadi ada organisasi yang ditugaskan untuk mengurusi kepentingan mahasiswa banyak. kepentingan penerimaan mahasiswa baru, kepentingan regenerasi organisasi, akademik, profesi, wisuda, dan lain sebagainya. bila kita melepaskan segala pro kontra yang terjadi dalam tataran teknis pelaksanaannya, maka yang tersisa adalah niat baik untuk mengurusi sebagian besar mahasiswa mahasiswa abadi sangat perlu kita kecualikan dalam hal ini. dan ini yang sedikit membedakan alumni ITB dari alumni kebanyakan (silakan bantah bagi yang tidak setuju), yaitu niat dan usaha besar untuk mengelola masyarakat yang lebih besar🙂

tulisan lain yang terkait :

mengapa KM ITB membutuhkan Inkubator Ide dan Inovasi Mahasiswa (I3M)

peranan ITB dalam pengembangan kewirausahaan

One thought on “kemahasiswaan (yang) terpusat

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s