apakah pengaruh itu?


pengaruh adalah satu sebab mengapa kamu mengikuti perintah orang lain. baik langsung maupun tidak langsung. dan pengaruh itu sendiri adalah satu faktor di dalam kepemimpinan. pemimpin adalah mereka yang punya kemampuan untuk mempengaruhi orang lain. baik sekedar mempengaruhi pendapat, maupun membuat orang lain melakukan apa yang diinginkan oleh yang memberi pengaruh tersebut.

pengaruh dapat disebarkan melalui kata-kata, tulisan, nada suara, kesungguhan ekspresi, hingga teladan/contoh melalui tindakan-tindakan.

dalam dunia yang tidak terhubung satu sama lain, orang dapat dipengaruhi oleh orang lain melalui kharisma, karakter dan tindakan. dan bagaimana seseorang dapat dipengaruhi oleh orang lain, ternyata berbeda-beda antar individu. ada manusia yang dapat dipengaruhi melalui kata-kata saja, tetapi ada juga manusia yang harus diberikan contoh agar dapat dipengaruhi sehingga melakukan apa yang diinginkan oleh pemberi pengaruh.

berbeda dengan dunia yang saling terhubung seperti dunia internet dan dunia media sosial. dalam dunia ini, semua pengaruh termanifestasikan dalam data digital. dengan output berupa kata-kata, gambar, suara maupun video (gambar bergerak). data digital menyebabkan apa yang pernah muncul disana (dalam bentuk digital), masih akan terus ada disana hingga ada yang menghapusnya, baik sengaja maupun tidak disengaja.

jadi dalam dunia yang saling terhubung, kharisma atau karakter atau tindakan tidak dapat mempengaruhi orang lain. bisa saja mempengaruhi, tetapi akan saling bersaing ketat satu dengan yang lainnya untuk memperoleh pengaruh. sehingga dalam dunia digital pengaruh dapat diukur melalui kekuatan kata-kata, gambar, suara maupun gambar bergerak.

dengan kemampuan mesin pencari, maka pengaruh seseorang dalam dunia yang saling terhubung masih dapat ditelusuri kembali, karena bentuknya yang digital. sehingga, data-data tersebut dapat dikumpulkan dan dibandingkan satu dengan yang lainnya. terutama tentang bagaimana pemberi pengaruh dapat mempengaruhi orang lain. proses ini kemudian menjadi satu kajian akademik bagaimana suatu pengaruh dapat terjadi dan memberikan hasil. berbeda dengan pengaruh berdasar kharisma maupun tindakan, dimana beda pengaruh terhadap beda kelompok manusia tidak dapat dibandingkan dengan pengaruh yang lain terhadap kelompok manusia yang lain.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s