Sedekah Rombongan


tagar yang biasa dipakai di dunia twitter: #SedekahRombongan .silakan telusuri di search engine-nya twitter deh.

http://sedekahrombongan.com

kebiasaan orang Indonesia yang dahulu: menyalahkan pemerintah. apa-apa yang disalahkan pemerintah. rakyat, sebagai yang dilayani, terus menyalahkan pemimpinnya. rakyat jadi tidak terbiasa mandiri dan menolong dirinya sendiri serta sesama. mungkin, gerakan sosial memang ada ya. tetapi tidak seperti sekarang.

dengan adanya social media online, gerakan sosial menjadi semakin “nyata”, karena yang tadinya sulit terdengar, menjadi semakin heboh. ide-ide brilian seperti Sedekah Rombongan semakin menemukan tempatnya di masyarakat. benar, tadinya gerakan sosial sulit menggunakan media mainstream seperti TV, koran maupun radio. dengan adanya internet dan media sosial online, serta kebiasaan masyarakat untuk mengakses berita melalui media sosial, maka semakin menjadi-jadilah gerakan sosial ini.

kehebohan menjadi semakin nyata, karena gerakan sosial semacam Sedekah Rombongan kemudian di-endorse oleh aktivis media sosial yang lain. menariknya, (atau hebatnya?) para pemberi endorsement justru bukan yang aktivitas utamanya di gerakan sosial. mereka adalah para pengusaha seperti Hendy Setiono, Mas Mono, kemudian ada ustadz-ustadz: Yusuf Mansyur (dikenal karena gerakan sedekah) dan Nasrudin Anshory bahkan motivator seperti pak Jamil Azzaini dan Ippho ‘Right’ Sentosa. silakan cek di http://sedekahrombongan.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s