jenis pekerjaan terkait media sosial


pada tulisan sebelumnya, saya membahas tentang bagaimana menjadi admin di media sosial online. akan tetapi, bukan itu satu-satunya pekerjaan di media sosial. untuk admin sendiri, bahkan ada istilah “super admin”, artinya admin-nya admin. hehehe :d ini bisa terjadi kalau perusahaan yang menggunakan media sosial ini sudah sangat besar, dan memang membutuhkan admin untuk mengawasi para admin. contohnya, kaskus. setiap forum ada admin, tetapi admin-admin forum ini juga memiliki atasan.

media sosial tidak sekedar butuh copywriter maupun operator saja, tetapi fungsi observasi dan analisis juga mutlak ada. bila ini masih mampu di-handle oleh operator, maka bisa dikerjakan dan dilaporkan oleh operator. tetapi, bila pekerjaan operator sudah cukup berat, maka observer dan analyzer mutlak ada. pekerjaannya ya mengamati perilaku-perilaku sosial yang dihadirkan oleh para pengguna media sosial yang berinteraksi dengan brand produk/jasa/perusahaan.

pertanyaan lanjutannya adalah, hasil laporan ini lantas harus diapakan? mengingat laporan akan sangat kualitatif dan kuantitatif, maka perlu kecermatan dalam menganalisis kebiasaan-kebiasaan social media user yang ada. apa saja kebiasaan yang baru, berapa banyak kebiasaan yang lama, kosakata baru apa yang muncul, insight apa yang bisa diberikan kepada bagian lain perusahaan, dan seterusnya.

bila ingin ditambahkan, ada fungsi “internal tapi eksternal” juga yang mungkin diperlukan. yaitu, pihak di dalam tim social media yang aktivitas hariannya adalah berkomunikasi dengan tim lain di perusahaan. baik itu dengan tim pengembangan produk, tim pemasaran, dan tim-tim lainnya. karena kebutuhan komunikasinya sebenarnya dua arah. dari tim social media, maupun dari luar tim social. dari dalam untuk menyampaikan insight ke luar, dari luar untuk mencari konten apa yang bisa disampaikan kepada friend/follower di social media milik brand/company.

cek juga artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s