pengaruh dalam media sosial


sekarang adalah era pengaruh-mempengaruhi. kalau bukan anda yang mempengaruhi lebih dulu, maka orang lain akan mempengaruhi anda. kalau bukan anda yang mempengaruhi masyarakat, maka orang lain yang tidak sepaham dengan anda, yang akan lebih dulu mempengaruhi masyarakat.

termasuk dalam media sosial online. bila anda tidak terlibat sekalipun, maka percakapan di media sosial akan tetap terjadi.  yang bisa kita lakukan adalah ikut bercakap-cakap di dalamnya, sambil mempengaruhi para peserta diskusi tersebut. nah, ada dua hal yang biasa diukur dari pengaruh seseorang atau sebuah merek kepada peserta conversation di dalamnya:

  1. pengaruh yang menimbulkan ‘action’. jadi yang diukur adalah ‘action’ yang dilakukan oleh peserta conversation. apakah itu meneruskan, membalas, setuju, mendebat dan lain sebagainya.
  2. jangkauan pengaruh yang diberikan oleh pemberi pengaruh. ini ditentukan dari jumlah lapis pertama maupun jumlah lapis kedua yang mungkin menerima pengaruh tersebut. semakin banyak peserta diskusi yang menerima pengaruh, maka jangkauannya semakin luas. serta, semakin sering peserta diskusi meneruskan konten kepada  rekan/pengikutnya, maka jangkauan pemberi pengaruh berarti semakin luas.
  3. jenis konten yang berpengaruh. tidak semua konten menarik untuk diteruskan. tidak semua konten menarik untuk dibicarakan. istilahnya, tidak ‘talkable’. jadi, ‘siapa’ membicarakan ‘apa’ itu juga menentukan pengaruh dalam media sosial.

ada dua situs pengukur pengaruh dalam media sosial yang banyak digunakan. pertama adalah klout(dot)com dan kedua, kred(dot)com. keduanya menggunakan tiga alat ukur di atas. sejauh ini, memang ketiga poin tersebut yang banyak menentukan pengaruh dalam media sosial online. karena, dalam dunia internet, faktor karakter seperti kharisma belum tentu signifikan dalam memberikan pengaruh kepada orang lain.

cek juga artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s