kejujuran sentimen di media sosial


pada masa lalu, penelitian pemasaran dilakukan secara kualitatif saja. sekedar coba-coba mencari tahu apa yang dibutuhkan orang, lalu dicoba untuk disediakan dengan harga tertentu. tetapi metode ini dirasa kurang menjawab banyak pertanyaan-pertanyaan kuantitatif. seperti misalnya, pasarnya besar apa tidak pasarnya serta berapa banyak yang sebenarnya harus diproduksi oleh tim operasional.

penelitian pemasaran kemudian menambahkan metode kuantitatif di dalamnya. terutama untuk menentukan seberapa besar pasar tersebut, dan berapa banyak orang yang membelinya. siapa yang mengeluarkan dana untuk membayar, serta siapa yang sebenarnya memutuskan pembelian tersebut, dan seterusnya.

tapi dirasa ada kelemahan di metode kuantitatif ini. karena cara pengambilan datanya melalui survey dan kuesioner, ternyata tidak selalu kejujuran dan keterusterangan yang muncul disana. pengisi kuesioner tidak enak hati dengan yang meminta tolong untuk mengisi kuesionernya, serta pemberi kuesioner justru seringkali meragukan apakah pengisinya mengisi kuesioner dengan jujur atau tidak.

berhubung sekarang era media sosial yang digital dan tetap kuantitatif, nah ini dia metode penelitian pemasaran yang lebih bisa diandalkan. terutama ketika topik yang dikehendaki memang dibicarakan di media sosial. kenapa? karena, media sosial itu jujur. konsumen tidak perlu menyembunyikan perasaannya ketika ‘curhat’ di media sosial. justru mereka harus jujur untuk menyatakan perasaannya. entah itu termasuk sentimen positif atau negatif bagi merek/perusahaan.

selain itu, word of mouth (getok tular) bisa diindikasikan lewat media sosial. tidak sepenuhnya representatif memang, serta beda produk/jasa maka beda pula tingkat keterwakilannya. at least, bisa tetap digunakan sebagai indikator apakah sesuatu konten/merek/perusahaan banyak dibutuhkan atau tidak.

cek juga artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s