kenapa diagnosis dokter bisa salah


kenapa diagnosa dokter bisa salah? karena dokter hanya melihat gejalanya saja. tidak menganalisis kemungkinan sebab penyakit yang sebenarnya. untuk kita semua ketahui, gejala penyakit memperlihatkan apa yang dirasakan oleh pasien. tapi belum tentu sebabnya adalah penyakit tersebut. contoh sederhananya begini: ada anak kecil yang mengalami demam. apakah anak ini harus langsung diberikan obat penurun demam. belum tentu. cek dulu sebelumnya ada apa. bisa saja, anak kecil ini baru saja diimunisasi. sebagai bagian dari mekanisme tubuhnya membentuk kekebalan, maka dia mengalami demam. biasanya, demam seperti ini tidak perlu diobati dan akan sembuh dengan sendirinya.

konteks gejala dan sebab ini sebenarnya terjadi bukan di dunia kesehatan saja, tetapi hampir di semua bidang sains dan teknik bisa terjadi. contohnya begini. laptop saya dahulu pernah rusak. kerusakannya adalah laptop tidak menyala ketika tombol power ditekan. dicoba beberapa kali, ternyata ada saat dimana laptop tersebut bisa menyala kembali. tapi sebagian besar tidak menyala. kenapa bisa menyala bisa tidak? ini yang menjadi pertanyaan. gejalanya jelas: laptop tidak bisa menyala. tapi dimana sebab salahnya: apakah di tombol power, apakah tidak ada listrik yang masuk ke dalam laptop, atau ada kerusakan di komponen di dalamnya? dan seterusnya.

penelitian manajemen yang biasa saya lakukan juga memiliki kesamaan. apa yang terlihat sebagai masalah, belum tentu benar-benar menjadi masalah. tim pemasaran gagal menjual produk di pasaran. apakah kesalahan ada di mereka? mungkin tim pemasaran yang tidak kompak, iklan yang tidak tepat sasaran, harga yang terlalu mahal, dan lain sebagainya. tapi ternyata masalahnya ada di produk yang sudah tidak sesuai zamannya lagi. produk tersebut dulunya bagus dan laku keras, tapi sekarang tidak lagi diinginkan oleh pasar. gejalanya: gagalnya penjualan, tapi sebabnya adalah produk yang tidak tepat sasaran lagi.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s