Masalah Event Organizer


sampai tadi siang, saya lihat berita di TV tentang Lady Gaga masih marak. bukan tentang si artis, tapi tentang ketidakpastian konser yang akan berlangsung beberapa hari lagi. saya ingin berkomentar juga tentang boleh tidaknya Lady Gaga konser di Indonesia. tapi itu kita simpan dulu ya. saya ingin berbagi tentang event organizer kali ini.

event organizer itu maksudnya penyelenggara kegiatan, jelas. tapi membuat orang datang ke kegiatan kita, itu sesuatu yang relatif susah buat yang belum biasa kreatif. “kreativitas” memang kata kunci dalam menjadi event organizer yang handal. soalnya, sifat pekerjaannya jelas sekali. biasanya project-based. jadi tidak rutin dilakukan, dan tentu meski cuma sesekali event-nya, sekali penyelenggaraan harus langsung berhasil. ini agak susah karena pasar biasanya menuntut inovasi, mesti ada yang baru yang mereka harapkan. entah pengisi acara, entah konsep acara, dan lain sebagainya.

keadaan dari luarnya seperti itu. tentu ini menuntut SDM yang biasa kreatif dan suka tantangan berbeda. biasanya konseptor dan eksekutornya harus punya wawasan dan mood yang oke punya. kalo lagi ga mood, hasil kerja ga akan baik. kelamaan bekerja disana dan kebosanan melanda, biasanya kreativitas tidak muncul kembali. ini yang sempat terjadi pada Trans Corp. mereka beramai-ramai pindah ke stasiun TV lain mencari suasana baru. karena sudah tidak produktif menghasilkan ide kreatif.

kelebihan yang harus dimiliki event organizer handal: akses ke peserta acara. ada yang sampai bikin database peserta yang pernah datang ke kegiatan mereka. atau punya jalur media tersendiri, sebagai basis utama peserta/pemirsa acara. keahlian yang harus dimiliki ya keahlian eksekusi acara dan kemampuan menjalankan proyek. proyek itu kan suatu kumpulan pekerjaan yang punya tujuan tersendiri dengan tim tersendiri. skill utama memang skill eksekusi acara, karena biasanya mereka tidak butuh aset riil. dan mereka jago juga menjadi integrator: kontak pemilik tempat, kontak pengisi acara, kontak urusan logistik, dan lain sebagainya.

hehehe. karena itu berkali-kali saya katakan, menjadi event organizer paling enak itu ya wedding organizer. cukup fokus ke acara, dan memastikan undangan tersebar. tanpa harus khawatir bahwa peserta acara tidak akan datang. namanya pernikahan kan, tamu undangan ingin datang mengucap selamat secara langsung. baik kepada yang menikahkan, maupun yang menikah. motivasi tamu undangan acara bisa juga untuk bersilaturahmi  dengan  tamu undangan yang lain.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s