Internet Factor on Buying Decision Making


dalam model AISAS, perilaku baru muncul: orang jadi suka menyebarkan informasi tentang produk. entah bagaimana cara memperolehnya, rekomendasi kepada orang lain, bahkan hingga kualitas produknya. huruf “S” yang terakhir berarti share, langkah ini akan dilakukan oleh konsumen manakala konsumen mengalami “I”, yaitu interest. atau mendapatkan hasil dari “S” yang lain: search. dan terutama, setelah melakukan “A”, action pembelian. Baca juga ya tentang AIDA dan AISAS.

dari “share” yang berupa rekomendasi positif atau negatif, kemudian akan muncul kembali sebagai hasil pencarian di dunia internet. entah menggunakan google, yahoo, atau bing, maka rekomendasi tersebut muncul sebagai hasil pencarian. calon pembeli, akan mencari tahu tentang kelebihan, kekurangan, review maupun komentar dari pembeli yang sudah melakukan dan tentunya, sudah men-share experience-nya dalam menggunakan produk/jasa tersebut.

pembeli sudah semakin cerdas sekarang. harga mahal tentu bukan sekedar harga. tetapi ada kualitas lebih yang diberikan disana. entah dari service-nya, entah kelebihan produk, dan lain sebagainya. pun konsumen semakin bersedia untuk menerima produk murah. mereka berpikir wajar, mengenai adanya kekurangan produk. tentu, karena mereka tidak membayar mahal dibanding produk kompetitornya. maka dari itu, sebelum melakukan pembelian, mereka akan mencari tahu lebih dahulu. di internet. baik melalui mesin pencari, atau pun media sosial.

bagi produsen dan pemasar, berani memasuki dunia internet berarti bersedia untuk disanjung karena kualitas produk yang bagus, atau sebaliknya: berani dicaci-maki karena barang yang tidak ada kualitasnya. memasuki internet berarti meniatkan untuk menurunkan biaya pemasaran, dan akan dibantu oleh konsumen, dengan risiko harus melayani komplain secepat-cepatnya. sesegera mungkin. biaya komunikasi mungkin akan menurun, tetapi juga bergeser meningkat untuk mempertajam kualitas komunikasi dengan konsumen.

bahkan pengendara kini tidak perlu khawatir berkendara di wilayah yang tidak dikenali. sebabnya apa, ada google maps. silakan online internet dahulu, cek posisi sekarang dan masukkan alamat tujuan. google maps akan menunjukkan bagaimana cara menuju ke tempat tersebut, dari titik anda sedang berdiri sekarang. internet ini sangat membantu saya menuju lokasi baru di jakarta yang demikian luas dan tidak saya kenali sama sekali.

cek juga artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s