AIDA dan AISAS


model lama yang biasa digunakan untuk mengetahui bagaimana konsumen atau calon konsumen mengambil keputusan pembelian adalah dengan model AIDA.

attention –> interest –> desire –> action

artinya, perhatian (attention) dari konsumen mesti didapat (bisa) melalui iklan, kemudian tunjukkan apa yang menarik (interest) konsumen tersebut, dapatkan desire-nya untuk melakukan pembelian, dan pastikan channel pembelian memungkinkan terjadinya action purchasing.

akan tetapi, model ini ternyata tidak sepenuhnya bisa diterapkan dalam era internet sekarang. karena, (hampir selalu) konsumen melakukan pencarian referensi terlebih dahulu. entah melalui mesin pencari, forum-online yang paling disuka, atau media sosial online tersayang. mereka akan bertanya, dan menanti jawaban berupa rekomendasi.

model yang tepat untuk mendeskripsikan perilaku konsumen era internet ini adalah : AISAS.

Attenttion –> Interest –> Search –> Action –> Share

artinya, mencari dan mendapatkan attention adalah (bisa jadi) dilakukan hanya pada tahap awal saja dalam siklus produk. karena, setelah interest kemudian didapat, dan action purchasing pertama berhasil dilakukan, yang justru dilakukan oleh konsumen adalah berbagai (sharing) tentang produk/jasa yang baru saja dibeli. mulai dari kelebihan hingga kekurangan, sampai dengan sentimen positif atau negatif. sharing ini kemudian melahirkan hasil searching, dan proses action purchasing kembali terjadi, dan seterusnya siklus berulang.

model ini menunjukkan bahwa dengan word-of-mouth,  maka biaya pemasaran bisa ditekan. karena konsumen akan memberi rekomendasi positif satu sama lain tentang produk/jasa yang bagus. tapi, cost-nya demikian besar, bahkan hingga menyangkut nama baik perusahaan, bila produk/jasa justru dibicarakan keburukannya dalam media online internet.

cek juga artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s