Pentingnya merek dalam bisnis


pagi ini saya baru bertemu calon klien. negosiasi kontrak baru. mereka ingin merilis produk baru, tapi dalam satu nama grup perusahaan yang sama.

menggunakan payung nama yang sama, adalah langkah yang tepat ketika merilis produk baru. apalagi ketika produk baru ini masih sangat berhubungan dengan produk sebelumnya. misalnya, produk ban menggunakan nama yang masih ada hubungannya dengan merek bahan ban.

merek adalah pengalaman yang pernah diberikan atau janji yang akan diberikan oleh produk atau jasa kepada konsumennya. konsumen akan mengulangi pembelian, karena merek tersebut pernah memberikan pengalaman yang berbeda dibanding yang lain. konsumen akan menggunakan suatu merek yang baru, karena ingin merasakan realisasi janji-janji yang disampaikan dalam komunikasi pemasaran yang telah dilakukan.

merek menghindarkan produk / jasa dari bisnis komoditi. bayangkan bila beras organik dengan kualitas yang lebih baik daripada beras biasa, ternyata dianggap sama oleh konsumen. tentu akan merugikan produsen, bukan? karena kualitas yang berbeda, dihasilkan dari cost dan omzet yang berbeda pula. jadi, merek memberikan umur panjang bagi perusahaan untuk tetap bermain dalam industri yang mereka geluti.

maka dari itu, sebagai contoh, Aqua kini berusaha merevitalisasi mereknya. jangan sampai, merek mereka yang disebut oleh konsumen, tetapi bukan produk mereka yang terbeli. betul, tidak? air mineral sekarang lebih dikenal dengan sebutan aqua, meski di pasaran kini terdapat berbagai produk seperti vit, ades, ron88, dan Aqua sendiri.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s