Masalah dalam Organisasi


dalam tulisan sebelumnya, saya pernah memaparkan bahwa komunikasi adalah salah satu konflik yang mungkin timbul dalam organisasi. bersama saran-saran penyelesaiannya, saya menuliskan dalam artikel berjudul “mengatasi masalah komunikasi dalam organisasi”

tentunya, tidak hanya masalah tersebut yang pernah, biasa atau akan terjadi dalam organisasi. masih ada beberapa masalah lainnya :

  • bagaimana merekrut SDM terbaik. SDM yang terbaik adalah SDM yang bisa bekerja sama dengan SDM lainnya, sehingga menghasilkan tim dan kerja sama tim yang kompak hingga mencapai tujuan. SDM-SDM yang secara individu adalah terbaik di bidangnya, belum tentu akan membentuk tim yang terbaik pula. individu terbaik yang layak dimiliki dalam organisasi adalah individu yang bisa bersinergi dengan individu lainnya.
  • bagaimana mempertahankan SDM terbaik. justru karena kinerja mereka adalah yang terbaik, maka mereka tahu bagaimana mereka harus mengapresiasi kemampuan mereka tersebut. mereka tahu apa yang pantas mereka dapatkan, dan lingkungan seperti apa yang tepat untuk perkembangan kualitas diri mereka.
  • bagaimana mengatasi masalah kepemimpinan. pemimpin yang bervisi dan punya eskalasi serta strategi ini yang pasti dibutuhkan, . tapi juga jago dalam hal teknis. pemimpin juga harus memberikan teladan pada orang-orang yang dipimpinnya. biasa berpikir dengan otak kanan dan pemegang teguh nilai-nilai organisasi adalah ciri pemimpin yang diharapkan selalu dapat mengarahkan perjalanan organisasi.
  • bagaimana menciptakan calon pemimpin baru. posisi pimpinan adalah posisi yang menjadi rebutan, terutama dalam perusahaan. biasanya disebabkan karena gaji tinggi, disertai gengsi di mata anggota masyarakat, “eh, dia itu bos lho, di perusahaannya”. ini satu hambatan untuk mencari pimpinan organisasi yang terbaik, di mata pendiri dan pemilik organisasi profit.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s