Merek dari Bandung


dalam suatu riset yang dilakukan oleh xbit laboratories, 53% di antara responden mengakui bahwa popularitas suatu brand mempengaruhi keputusan mereka untuk melakukan pembelian. ini terbukti dalam kasus maicih.

brand maicih yang dipopulerkan oleh akun twitter @infomaicih menjadi bahan pembicaraan dimana-mana. sebab pertama adalah PT maicih inti sinergi menggunakan situs microblogging twitter untuk memperkenalkan produk teranyar mereka : keripik pedas dengan nama merek maicih. sebab kedua adalah, transaksi pembelian dilakukan secara offline, dengan bertemu para reseller maicih, yaitu yang disebut jenderal. bahkan, sebab ketiga, mengantrinya calon pembeli, juga jadi sebab maicih begitu diperbincangkan oleh banyak orang.

tentu saja, ada beberapa asumsi yang menguatkan calon pembeli, terutama yang belum pernah membeli, untuk ikut melakukan transaksi pembelian. satu asumsi yang terutama adalah produk tersebut bagus, hampir semua orang membicarakannya, kemungkinannya cuma satu : produk/jasa tersebut bagus sekali. minimal, saya harus mencoba satu kali dulu. kira-kira begitu yang ada dalam pikiran calon pembeli yang belum pernah membeli tersebut.

satu faktor penting dalam membuat brand menjadi populer adalah merek tersebut dibicarakan oleh banyak orang. inilah yang terjadi di social media seperti twitter, maupun di dunia nyata. saya kisahkan beberapa cerita menarik yang ada hubungannya dengan merek dari bandung. menariknya adalah, transaksi pembelian praktis terjadi karena rekomendasi atau pembicaraan tentang merek tersebut.

Brownies Amanda. cerita ini ketika saya aktif di kabinet mahasiswa. jadi seorang rekan dari bogor, ketika libur lebaran di bogor, berkunjung ke rekan dari orang tuanya. nah, di sana ternyata disuguhi brownies Amanda rasa original. praktis, kagetlah rekan saya. karena tidak di bandung, tidak di bogor, kuenya sama. yaitu brownies amanda. ada pembicaraan yang lahir di kota bogor, yang melibatkan merek ini.

Kartika Sari. Ini adalah nama merek toko kue di Jalan Dago. saya pertama dengar ketika masih SMA di Magelang. seorang teman yang liburan ke bandung, ditagih oleh-oleh dari teman yang lain. karena tidak membawa, maka diingatkan : lain kali kalau ke bandung, beli oleh-olehnya di Kartika Sari. ini termasuk rekomendasi.

Jonas Studio Foto. angkatan kuliah saya banyak yang dari luar bandung. tetapi, ketika pertama kali foto angkatan, seorang teman dari bandung yang mengelola foto angkatan ini, mengajak kami ke Jonas. entah kenapa, dan tentu saja, karena kami baru di kota ini (saat itu semester pertama), ya kami ikut saja. kenyataannya, banyak acara kepanitiaan atau komunitas lain, yang melakukan foto bersama di Jonas Photo Studio ini. saya sendiri, paling tidak 3 kali foto di sana, dengan berbagai komunitas yang berbeda.

Beberapa merek sebenarnya datang dari luar bandung, tetapi diperkenalkan di bandung untuk membuatnya lebih terkenal, sebelum ekspansi ke luar bandung. ini bisa menjadi strategi yang tepat, bagi anda yang ingin membuka usaha di jawa barat🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s