becak motor medan city


ekonomi sepeda motor memang ekonomi yang menjanjikan naiknya kesejahteraan sosial, secara cepat. tidak masalah dengan investasi, karena semuanya akan terbayar di kemudian hari. sama juga dengan kasus becak motor (baca: bentor) di kota medan.

sabtu-ahad yang lalu, saya berkunjung ke Medan City. kotanya relatif lebih luas ketimbang Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cimahi yang disatukan. kalau di tanah sunda, kita memanggil akang untuk lelaki dan teteh untuk perempuan, maka di Medan kita menyebutnya abang dan kakak. hampir mirip dengan Kota Balikpapan, Medan City juga bergantung pada jenis industri tertentu. di kota ini, industri yang menjadi pusat dari perputaran ekonomi yang lain adalah industri perkebunan (tentu saja tidak ada kebun di kota medan) dan turunannya (termasuk pabrik CPO).

menariknya, nyaris tidak ada kendaraan angkutan yang tidak disambung dengan sepeda motor di kota medan. kursi penumpang / bak muatan, disambung ke samping kiri sepeda motor. termasuk gerobak sate, bakso, dan makanan sejenis. termasuk becak. dengan sambungan ini pun, kapasitas penumpang kemudian meningkat. bisa bertiga di dalam tempat duduk becak, dan tambah seorang lagi di belakang ‘penarik’ becak motor.

becak disambung dengan sepeda motor, adalah teknologi solutif untuk penarik becak. dengan harga BBM subsidi yang relatif murah (saya katakan ini relatif murah terhadap barang konsumsi lainnya) dan kebutuhan akan transportasi yang cepat tapi tetap bisa memuat banyak muatan. keberadaan becak motor mungkin baru akan tergeser bila harga BBM semakin tinggi🙂

berikut gambarnya :

selain di kota medan, becak motor juga ada di kota makassar. sedikit berbeda, karena sepeda motor berada di belakang kursi penumpang.

One thought on “becak motor medan city

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s