kiat mengatasi grogi


grogi itu masalah mental. bukan masalah kemampuan. tapi, masalah mental ini, bisa kita atasi dengan melatih kemampuan. see? biasanya, ketika saya menerapkan metode ini, masalah grogi bisa kita atasi tiap kali kita ingin maju ke panggung presentasi. simak lebih lengkap cara-cara mengatasinya πŸ™‚

  1. sadari bahwa bagaimana anda tampil itu penting. bahwa anda akan diajak kembali untuk menjadi public speaker, di lain kesempatan, itu bergantung pada penampilan anda saat ini. dan bagaimana anda tampil, itu sesuatu yang penting. apakah bagus atau tidak, itu penting lho. dan itu harus anda sadari sejak sekarang.
  2. berlatihlah. ada orang yang dilahirkan dengan bakat nyaris sempurna. tapi ada juga yang tidak. tapi bukan berarti yang tanpa bakat tidak bisa tampil sama baiknya dengan yang diberikan anugerah sejak lahir. bahkan dengan bakat lebih sedikit, bisa jadi tampil jauh lebih baik. dan kemungkinan itu masih ada. maka berlatihlah. minimal, sekali sebelum anda tampil di panggungnya para public speaker.
  3. abaikan rasa grogi yang ada. anda cuma perlu fokus dengan apa yang ingin anda sampaikan. tenang, perlahan, kuasai volume dan kecepatan suara anda. karena ada yang mengabaikan rasa grogi, dan tampil “hajar saja” tanpa peduli audiens, tanpa peduli bahwa dia berbicara terlalu cepat, tanpa peduli bahwa rasa grogi menggerogoti volume suaranya di hadapan audiens yang banyak.

anyway, grogi itu masalah mental. klo seorang public speaker ga punya masalah mental ini ketika berhadapan dengan audiens yang baru dia temui pertama kali, seharusnya grogi tidak akan muncul. dan berarti, dia tidak butuh kiat penanganan grogi secara teknis di atas πŸ™‚

demikian, mudah-mudahan bermanfaat πŸ™‚

silakan dapatkan: buku panduan singkat tentang bagaimana berbicara di depan publik yang baik dan benar. silakan klik link ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s