T.I.D.U.R


tidur. selalu menarik membahas tentang tidur. sekarang saya mau mengingat, semua yang ada hubungannya dengan kata ini.

saya selalu ingat, ada saja orang yang hobinya tidur. jadi, kalau masih labil en galau, dia suka menulis di form apapun yang harus dia isi, bila di sana ada pertanyaan tentang hobi, maka dia akan mengisi dengan “tidur”. heran juga saya, bukankah yang namanya hobi itu adalah kesukaan yang dikerjakan di waktu luang, dengan senang hati, dan bisa bermanfaat suatu waktu nanti? misalnya, main gitar. itu menurut saya.

nah, tapi. bukankah tidur itu adalah aktivitas wajib manusia? jadi yg namanya tidur bukan di waktu luang dong. tidur pasti ada waktu tetapnya, itu karena aktivitas biologis butuh jam biologis juga. jadi, masa mengisi waktu luang dengan tidur? lagipula, tidur di waktu luang rasanya tidak memberi manfaat apa-apa 🙂

menariknya, di sisi lain, justru ada orang yang mengurangi waktu tidur wajibnya. jadi, mereka bahkan tidak tidur siang. tidak juga mengisi waktu luang dengan tidur. bahkan, waktu wajib tidurnya dikurangi. ada yang sampai 3-4 jam dalam sehari. tentu yang seperti ini, diikuti dengan pola makan yang sehat dan olahraga teratur. beberapa pemimpin besar dunia, memiliki periode tidur yang sangat singkat seperti ini.

mereka yang bermimpi besar, sadar bahwa mimpi bisa diwujudkan hanya dengan bekerja lebih lama dan bekerja lebih keras. bila harus menambah jam kerja? maka kurangilah tidur malam anda. mereka sadar, waktu mereka sama banyaknya dengan orang lain. hanya 24 jam. jadi bagaimana memaksimalkannya? makanya, kurangi tidur anda. begitu mereka bilang 🙂

sekarang malam sabtu alias jumat malam. alias sudah #weekend. Twips di twitter saya ga berhenti berkicau. anda tahu kenapa istilah berkicau dipakai dalam bahasa Indonesia? karena twit, adalah suara yang didengar oleh orang Amerika ketika burung berkicau. mereka semakin berkicau, semakin malam. mumpung lagi #weekend ceunah. ada yang mengucap selamat ke pak @aniesbaswedan dan @pengajarmuda ,yang baru saja diwartakan dalam @KickAndyShow. Bang @sandiuno juga ga berhenti nge-tweet.

lalu, yang lain. ada yang bilang, mimpi itu bunga tidur. jadi semacam penghias tidur. karena cuma penghias, jadinya ya cuma pelengkap. bukan esensi. saya setuju dengan gagasan ini. mimpi-mimpi saya ga ada yang serius. ga ada karena kejadian nyata terus saya bermimpi malamnya, atau sesuatu benar-benar terjadi setelah saya memimpikannya. tidak, tidak. mimpi cuma bunga tidur. dan saya setuju dengan itu.

tapi beberapa juga lebay. mereka menginterpretasikan mimpi, sebagai sesuatu yang akan benar-benar terjadi. padahal, ujung-ujungnya tidak. saya bilang begini, mungkin ya, karena saya belum mengalami mimpi yang benar-benar jadi kenyataan. anda punya komen? nah, silakan komen di bagian bawah artikel ini.

tidur ga cuma melepaskan lelah dan penat di badan. cailah.. bahasa saya 🙂 tapi sebenarnya, tidur juga merapikan kembali semua memori-memori yang tersimpan di otak. makanya tidur cukup itu bagus untuk tumbuh-kembang anak. karena, proses penyimpanan dan perapihan ilmu pengetahuan itu terjadi ketika anak cukup tidur. jadi, jangan biasakan anak tidak tidur cukup. klo mau tidur kurang, pastikan anda sudah dewasa untuk melakukan itu 😀

para muslim dan muslimah menyempatkan diri bangun di tengah-tengah tidur malamnya, untuk mengobrol dengan Tuhan mereka. ketika semua orang sedang tidur, malam sedang hening-heningnya, mereka bangkit dari tempat tidur, mengambil air wudhu lalu shalat tahajud. ngobrol, curhat dengan Sang Pencipta. tentang semua kesibukan dunia yang dikerjakan dan menyita waktu, tentang tantangan dan cobaan hidup yang tiada habisnya. mengurangi waktu untuk tidur, seperti kegiatan shalat ini, sangat termasuk dalam kategori ibadah. )

saya merasa segar, karena capek dari kemarin sudah terbayar sebenarnya. tadi ga sengaja tertidur setelah magrib. maka sekarang agak segar, meski udah malam. makanya ngeblog dulu. tentang tidur. dan sekarang sudah malam. waktunya tidur. sudah jam 23.30. lebih malah. ya sudah, tidur saja. met tidur ya semua. mimpi indah. jangan lupa bangun utk shalat tahajud 🙂

Tinggalkan Balasan

