Social Media


socmed, ni versi singkat dari social media. ini istilah inggris buat frase “jejaring sosial“. saya coba memberikan pandangan saya, selaku pengguna jejaring sosial. jadi, seharusnya ini memang bisa memberikan satu di antara sekian banyak kebiasaan dari para pengguna jejaring sosial.

pertama, saya bukan termasuk tipe yang cepat beradaptasi dengan teknologi. termasuk dengan teknologi informasi seperti jejaring sosial ini. kebiasaan late majority seperti saya, membuat kami akan mengamati terlebih dahulu (selengkapnya ada pada link berikut mengenai diffusion of innovation). bagaimana orang-orang menggunakan teknologi (informasi) termasuk jejaring sosial. apakah mereka gunakan untuk memberi informasi? atau justru berteman dengan kawan lama yang sudah jarang bertemu? atau berbagi keintiman dengan photo-tagging? dan lain sebagainya.

kedua, sebagai akibat dari perilaku pertama di atas, teknologi (informasi) tersebut jarang tidak tergunakan, biasanya, menurut saya. karena penggunaan oleh orang lain sudah teramati dan sudah ditelaah, penggunaan seperti apa yang akan dilakukan nanti, kiranya. nah socmed kemudian sudah ditetapkan tujuan penggunaannya untuk apa.

sebagai contoh, dahulu saya memiliki akun friendster hanya sekedar coba-coba saja. belakangan, ketika tidak ada manfaatnya, saya semakin jarang memasukinya, bahkan tidak pernah lagi. sampai suatu ketika, facebook banyak digunakan oleh teman-teman kampus saya. kebetulan, masa-masa pengguna facebook di Indonesia meledak, adalah masa-masa akhir kuliah S1 saya. dan dari jejaring sosial yang satu ini, saya banyak bertemu lagi dengan teman-teman SMA maupun SMP. termasuk dengan teman-teman pramuka saya. bahkan, saya pernah menghadiri reunian sesama anggota organisasi di masa kuliah, yang diinisiasi lewat facebook.

berikut adalah artikel saya yang lain, berkait dengan social media:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s