[UPDATED] ekonomi kelas menengah


pak rhenald kasali, menyinggung ekonomi kita yang mulai melesat sejak GDP per kapita melewati 3000 USD. meskipun angka rata-rata, tapi tetap saja ini adalah prestasi ekonomi kita. katanya, penunjang ekonomi kita adalah mereka yang maniak pake pulsa, hobi gratisan pake semacam facebook, google, yahoo. tapi berani bayar gratisan buat yang lain. dan satu ciri khas mereka, mengajak keluarga makan di luar sekali seminggu.

orang-orang ini sebenarnya ga kaya-kaya banget, percaya deh. mereka bukan pengusaha kaya yang bisa mengendalikan partai politik. juga bukan pengusaha kaya yang mungkin (bisa) digencet sama pemerintah. tapi coba percaya yang satu ini: mereka mengendalikan ekonomi negara kita. porsi terbesar belanja ada di kalangan kelas menengah.

padahal jumlahnya ga banyak-banyak banget ini kelas menengah. meski lebih banyak daripada orang kaya, tapi yang jelas ga sebanyak mereka yang pendapatannya <2$ sehari. dalam salah satu tulisannya, waktu beliau berkunjung ke Iran, untuk urusan beli gas.

Pak Dahlan Iskan cerita kalau ekonomi Iran juga ditunjang oleh pengusaha kelas menengah. penyedia lapangan kerja yang (cukup) sanggup beli macem-macem. tapi bukan yang pengen digencet sama pemerintah setempat.

kabarnya, peradaban kuno semacam yunani kuno atau romawi kuno, juga gagal memperpanjang eksistensinya karena mereka  gagal membangun dan mempertahankan kelas menengah. ya mereka itu, yang ga terlalu kaya tapi juga ga terlalu miskin. mungkin orang kaya mereka lebih sibuk membangun piramida dan colloseum kali yah?🙂

ini saya tahu dari bukunya mbak Ligwina Hananto, seorang perencana keuangan.

dan beliau, punya idealisme untuk membangun ekonomi kelas menengah Indonesia. itu lho, (1) para karyawan yang punya gaji dan rumah, tapi ga yakin dengan masa pasca pensiun mereka. (2) jangan-jangan mereka harus jual rumah supaya bisa pensiun dengan enak. (tapi tinggal dimana setelah itu?)🙂 (3) mereka yang bisa makan bersama keluarga di restoran enak di pusat kota, tapi merasa tidak yakin dengan kemampuan membayar sekolah anak-anak🙂

berikut adalah definisi kelas menengah (middle class) yang ada di wikipediabukan menurut wikipedia. 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s