beda nge-tweet ma nge-blog


dua-duanya sama-sama blogging. cuma yg satu beneran blogging, yang satu micro-blogging. bedanya ini ada di jumlah karakter yang bisa diketik. twitter ‘hanya’ 140 karakter saja!🙂

persamaannya, keduanya sama-sama untuk memberi informasi. menginformasikan. bedanya, twitter bisa lebih cepat. karena sudah berbentuk tulisan, orang lebih cepat menangkap maknanya (daripada menangkap makna gambar, kan?). lagipula, jumlah karakter yang hanya sedikit, memastikan orang-orang tidak bias dalam menangkap makna.

makanya, informasi yang lebih komplit, terutama dalam satu judul besar, dirangkum saja dalam blog. dan memang seperti itu blog digunakan. lebih mirip catatan ketimbang kalimat pendek berjumlah karakter <140. isi blog? bisa catatan pribadi, maupun catatan lain dalam topik tertentu. misalkan, catatan tentang manajemen, pendidikan, teknologi, bisnis, dan lain sebagainya.

kalau bicara ramai-ramaian, lebih ramai twitter. itu jelas. informasi yang singkat-padat-jelas memungkinkan ketersampaian yang lebih bermakna. informasi seperti ini mengundang komentar-komentar yang cepat. makanya twitter bisa lebih ramai. dan lebih cepat. tapi tetap, konsumen blog selalu saja ada. segmen yang tidak tertarik dengan perubahan informasi yang begitu cepat, memang lebih memilih untuk membaca dan menulis di blog, ketimbang di twitter.

maklum, baru bikin akun tweet, jadi baru mulai belajar🙂

One thought on “beda nge-tweet ma nge-blog

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s