ikut lomba


dua puluh tahun dari sekarang, saya akan menyesali semua yang tidak saya kerjakan hari ini

saya lupa mendengar quotes tersebut dari siapa. tapi quotes tersebut sangat menginspirasi saya. bukan apa-apa, tapi percaya deh. tidak ada yang bisa diraih dengan sangat singkat di dunia ini.

orang-orang ada yang punya bakat, tapi ada juga yang tidak. ibarat lomba lari, insya ALLAH semua akan mencapai finish, tapi seberapa cepat itu yang akan membedakan. dan penentunya, bukan di saat lomba lari itu, melainkan seberapa keras pelari berlatih untuk meningkatkan kecepatannya.

kemudian, hidup tiap orang itu berbeda-beda. statistiknya, orang indonesia biasanya berumur 65-70 tahun. tapi itu kan average. itu kan rata-rata. artinya, ada yang lebih lama daripada itu, dan ada pula yang lebih sebentar. ya, ada yang lebih cepat menghadap kepada Tuhannya. dan sejauh apa bekalnya? ya sebanyak yang bisa dia lakukan di hidupnya itu.

itu bicara soal amal ibadah. bisa beda kalo bicara pencapaian di dunia. tapi pada dasarnya sama. tiap pencapaian butuh waktu yang panjang. ga ada yang bisa dicapai secara instan. dan semua ada kompetitornya. bisa orang lain, bisa saja diri sendiri.

kompetitor berbeda dengan lawan ya. kompetitor itu “teman” dalam berkompetisi. mengingatkan bahwa kita bisa dibandingkan dengan orang lain. bisa lebih baik, bisa lebih buruk. lebih baik, memacu kita untuk mempertahankan pencapaian kita. lebih buruk, memacu kita untuk berusaha lebih lagi.

makanya, hidup ini ibarat “ikut lomba”. ada yang lebih baik, tapi itu memacu anda untuk bekerja lebih keras. ada yang lebih buruk, tapi itu untuk memacu anda mempertahankan pencapaian anda. sekaligus mensyukuri apa yang sudah anda capai. tapi harus disadari, bahwa “lomba” bisa selesai kapan pun. karena kita tidak akan pernah tahu, kapan “lomba” ini akan berakhir, maka kita harus berusaha, berusaha dan berusaha. itu saja🙂

2 thoughts on “ikut lomba

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s