Osama bin Laden


saya tidak terlalu mengikuti berita lagi. terutama berita televisi. media sekarang, terutama di Indonesia, sudah sangat tidak objektif lagi. kan sifat media seharusnya adalah cover both sides. artinya, memandang suatu peristiwa harus dari dua sisi. kebanyakan media sekarang, dicederai oleh para pemilik dan editor, kini memanfaatkan media untuk menyetir pikiran masyarakat.

dan masalahnya, pemberitaan juga cenderung untuk membunuh akal sehat. hehe😀 ini menurut saya yah. karena, silogisme dari pemberitaan jarang disinggung. penyebab peristiwa ini apa, buktinya dari mana, dan seberapa valid buktinya. dan bukti fisik yang sangat mendukung kebenaran peristiwa itu yang jarang disampaikan. termasuk dalam kasus Osama bin Laden.

beliau dikabarkan meninggal dalam serbuan pasukan AS di sebuah kompleks perumahan mewah di Pakistan. kabarnya, meninggal karena serangan, jadi terkena tembakan peluru, bom dan lain sebagainya. tentu masuk akal kalau jenazah sudah hancur rusak. tapi tetap saja. pemberitaan bahwa Osama meninggal hanya jadi pemberitaan saja ketika foto jenazah tidak diberitakan. kabarnya, jenazah dibuang ke laut. tapi berita itu pun belum terkonfirmasi dengan pasti.

pemberitaan ini kemudian menjadi good news dan bad news. warga AS sukacita karena pelaku tragedi WTC akhirnya meninggal juga. mereka dendam karena tragedi yang merenggut ribuan nyawa itu. warga muslim di AS juga bahagia mendengar kabar ini. karena, sejak tragedi WTC umat Islam di AS mendapat teror yang bertubi-tubi. bahkan simbol seperti janggut dan jilbab kemudian diskreditkan sebagai simbol teroris. mereka yang bersimbol seperti itu adalah teroris.

mungkin ini adalah bad news bagi Taliban. karena pemimpin mereka meninggal dunia. tapi hanya dari segi kepemimpinan. karena tentu mereka melihat meninggal seorang pejuang adalah jihad bagi mereka. dan itu ibadah berpahala besar. itu menjadi cita-cita mereka semua. meninggalnya Osama hanya sedikit kehilangan pemimpin tapi justru menjadi pelecut bagi mereka semua.

tapi, tetap media yang paling berbahagia. karena, bad news is always a good news. sama seperti pernikahan kerajaan inggris, antara william dan kate, berita ini adalah berita baik bagi mereka. karena semua orang ingin tahu, semua orang ingin mendengar berita, dan mereka mendapat berita yang ingin didengar semua orang. karena itu, rating iklan jadi naik, harga jual iklan juga naik. dan pendapatan mereka akan berlebih dibanding biasanya.

ada komentar tentang Osama bin Laden?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s