rokok


barusan ngeliat iklan rokok, luar biasa!!!

seumur-umur ngeliat iklan rokok, ga ada yang jelek. bagus semua. nonton iklan-iklannya itu bikin nagih. minta lagi, lagi dan lagi. bahkan iklannya lebih bagus daripada ngeliat acara teve-nya.

kalo bicara industrinya, luar biasa. value added-nya itu, lho. mulai dari bahan baku yang terus diproduksi, terus ditambah saos-saos rokok itu. terus diiklankan lewat berbagai media. terus pola distribusinya. semuanya luar biasa.

hanya dari bahan baku yang dalam negeri, bisa ditingkatkan nilai tambahnya hingga ke manca negara. mendatangkan cukai yang tidak sedikit, sampai lapangan pekerjaan yang bejibun banyaknya. luar biasa nilai tambah yang diberikan.

ini belum bicara dampak lain-lain yang ditimbulkan. sepakbola nasional, ada karena rokok. sepakbola liga inggris juga bisa ditonton di televisi nasional, karena disponsori perusahaan rokok. bulutangkis ada karena rokok. voli juga ada karena rokok. basket juga bisa eksis karena rokok. memang luar biasa rokok ini. hanya saja, beasiswa pun tidak luput dari rokok. tidak ada rokok, berarti tidak ada beasiswa😀

tapi tetap ada dampak negatifnya, alhamdulillah saya berada di lingkugan baik, selama ini. jadi bisa mengurangi paparan asap rokok. alhamdulillah di keluarga saya tidak ada yang merokok. sd dan smp juga tidak bergaul dengan teman yang merokok. di sma, karena asrama jadi dilarang merokok. di kuliah, jurusan farmasi. orang merokok di kantin sebelah himpunan pun bisa sampai dimarahi oleh anak2 himpunan. alhamdulillah bebas dari asap rokok memang menyehatkan.

tapi kemudian ada yang mengatakan, hukum merokok adalah mubah. artinya, dilakukan tidak ada dosa-nya. tapi tidak dilakukan mendapat pahala. lebih baik tidak merokok. yang lebih ekstrim, bilang merokok itu haram.

kalau teman-teman, ada pendapat soal ‘rokok’ ?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s