belajar sendiri


saya ingat, waktu saya mengajar bimbel kemarin. saya tersadar bahwa adik SMA yang sedang saya bantu itu mungkin tidak belajar banyak dari saya. iya, mungkin tidak terlalu banyak. karena, saya merasa tidak memberikan sesuatu yang baru. semuanya ada di buku, koq. kalo gurunya bagus, mungkin sudah diajarkan di kelas pagi. sebelum bertemu dengan saya.

saya pikir, pertemuan dengan guru, di bimbel atau di sekolah, seharusnya adalah suatu bentuk konfirmasi. bukan pembelajaran akan sesuatu yang baru. mungkin memang, seperti yang diajarkan dosen keuangan (finance) saya, di kelas hanya memberi inspirasi, tapi belajar keuangan tetap dilakukan sendiri-sendiri, di depan komputer masing-masing. cek tulisan tentang beliau di sini.

dosen analisis dulu, juga mengatakan hal yang sama. beliau tidak paham apa yang dbilang belajar bersama itu. karena semua orang belajar sendiri-sendiri, dengan kecepatan masing-masing.

teman saya juga merasa yang sama, tidak paham dengan apa itu belajar kelompok. yang ada juga, dia tidak belajar apa-apa kalo beramai-ramai. teman yang lain bilang, harus belajar sendiri dulu, baru bisa diskusi di kelompok.

jadi, belajar sebaiknya dilakukan sendiri? ehem, tampaknya memang begitu. tapi dalam pertemuan yang lebih besar, entah untuk di kelas, atau diskusi dengan teman sekelompok, tetap perlu. tapi kecepatan pembelajaran kita, rasanya tidak akan secepat belajar sendiri🙂

One thought on “belajar sendiri

  1. yoi, ngerumpi yg ada mah kalo belajar bareng..
    yg bener itu, belajar dulu sendiri.. nah, baru deh ada sesi diskusi bareng yg laen.. minimal gak kosong2 banget lah pas “belajar bareng”🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

