menanti booming sepeda motor listrik



berbagai model sepeda motor listrik sudah dirilis oleh berbagai produsen kendaraan bermotor. mereka semua tampak sudah siap berlari. hanya saja, perusahaan menanti waktu yang tepat. iya, karena momentum belum tiba, menurut mereka. ini tiga pendapat singkat dari saya (yang tentunya, didasari analisis yang tidak mendalam), mengapa motor listrik belum juga booming hingga sekarang:

1. minyak bumi, sebagai bahan bakar minyak, masih cukup tersedia, dan ini adalah salah satu energi terefisien dengan efektivitas pembakaran yang cukup tinggi. sangat cukup untuk memberi energi pada transportasi dan memutar roda perekonomian (pabrik dan distribusi). mumpung minyak bumi masih ada, mari gunakan yang masih ada sebagai sumber energi! kira-kira begitu.

2. start yang belum jelas kapan. ibarat lomba lari, semua pemain sudah siap di tempat. mereka hanya menanti kata “bersedia”, sebelum mulai menekuk lutut dan menempelkan kaki di tanah. masalahnya, itu dia. “si wasit” belum berada di lapangan. entah dimana sekarang, entah berapa lama lagi tiba di lapangan. dan seperti itu pula kebijakan pemerintah negara di dunia. peluit kebijakan pemerintah yang mempersilakan perlombaan penjualan sepeda motor listrik, belum dimulai.

3. lomba desain marak dimana-mana. teman-teman saya sangat berminat mengikuti lomba. mulai dari Shell Eco Marathon, dan berbagai lomba sejenis. minat mereka jelas, berlomba dan menjadi juara. akan tetapi, minat perusahaan sedikit berbeda. mereka mempersiapkan diri untuk lomba akan datang, meski belum tahu kapan lomba akan dilaksanakan. perusahaan mempersiapkan diri saja dulu. terutama dengan berbagai portofolio produk, yang dikategorikan berdasar desain produk, kualitas mesin, kecepatan, efisiensi, dan lain sebagainya.

2 thoughts on “menanti booming sepeda motor listrik

  1. susah kliatannya kalo kita menaruh harapan pada industri aseli indonesia yang ada sekarang,, hmm, saatnya kampus juga memiliki industri untuk produksi teknologi kali yak?

    Suka

  2. hehe, sepeda motor listrik membahayakan pejalan kaki. lho? karena suara mesinnya jauh lebih hening dibanding sepeda motor biasa.. tapi sekarang sudah ada yang dimodifikasi dengan penambahan suara seperti motor pada umumnya.

    setuju dengan alasan yang pertama, kita masih sangat tergantung dengan sumber daya fosil. dan rasanya sangat susah menghilangkan ketergantungan itu. lagian sepeda motor listrik masih terkendala dengan jarak tempuh dan infrastrukturnya. bayangin aja, gak ada tempat pengisian listrik buat kendaraan listrik ajah lampu rumah udah byar-pet pada digilir… :mrgreen:

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s