komen-komenan status di facebook


Apri Kamayudi

msh tdk paham ap peranan kenaikan BI rate dlm meredam inflasi?? wahai kekuatan alam ekonomi keuangan merasuklah k dlm diriku!! *komat-kamit jampi-jampi*

Derry Pramudia Secara teori,menurut gw BI rate naik brarti suku bunga tab./deposito kuduny jg naik.Jd ngedorong org2 pd nabung.Kl org2pd nabung brarti jmlh uang yg beredar dipasaran berkurang,jd demands meet supply..
Kali sih Pri..km lg ngambil S2 nih? 

04 Februari jam 21:40 ·
  • Apri Kamayudi aih.. kakak seperguruan! ditempatin di belahan bumi mana, der? gw masih training di kemang nih. eniwei, gw msh gak paham, emang apa hubungannya klo uang yg beredar dikit dgn meredam inflasi? T_T

    04 Februari jam 21:46 ·
  • Derry Pramudia Lu ODP apaan emgny Pri?

    Kl mo dijelasin agk panjang jg,soalny yg berpengaruh sm inflasi g hanya BI rate aja,bs jmlh uang beredar,sm apa gt,ada 3 kl g slh.Yg penting mah salah faktor inflasi gr2 jmlh uang kebnykqan pdhal brg terbatas…

    04 Februari jam 21:56 ·
  • Apri Kamayudi ODP IT Bank Biru Kuning, Bro!

    Jd klo jml uang kebanyakan, seharusnya harga barang jd mahal? Hmm.. sayang ya, padahal yg punya uang banyak cuma segelintir orang doang dan yg uangnya dikit harus kudu terima kenaikan harga barang juga..

    04 Februari jam 22:02 ·
  • Derry Pramudia Nya heeh atuh.maneh lg modul economics yh?pengajarny msh org chief economics?gw diMksr Pri…

    04 Februari jam 22:05 ·
  • Apri Kamayudi baru 3 minggu training koq, Der, belom dapet modul ekonomi2an. Lo d Mksr jd officer ap, Der? HeadTeller? CSO? Atau..Kepala Cabang?!

    04 Februari jam 22:09 ·
  • Derry Pramudia Gw dr thn kmrn Pri,tp ODP reguler..tgl 10 bsk insyaAllah gw pelantikan diJkrt..

    Gw penempatan diBBC Makassar,kredit dr 100jt s.d 10M

    04 Februari jam 22:17 ·
  • Yudha Setia Racana Lo odp mandiri pri?.. Odp it?.. Hahahaha..

    04 Februari jam 23:40 ·
  • Andre Raymond Lewat jalur uang beredar itu. Tapi indonesia lagnya lumayan lumayan lama, sekitar 6quarter. Jadi sebenarnya itu untuk meredam inflasi jamgka panjang. Masih cepetan dari jalur nilai tukar sama GWM.

    Sabtu pukul 6:01 ·
  • Ikhwan Alim Bi rate akan mempengaruhi tingkat suku bunga yg diberikan bank-bank kepada nasabah tabungan ma deposito. dengan naiknya BI rate, maka orang akan cenderung untuk menabung. Kalu sudah menabung, uang yg beredar jadi berkurang. daya beli menurun (secara jangka pendek). daya beli yg menurun akan membuat supply juga menurun. dalam konteks komoditas, inflasi akan tertahan, tidak terus-menerus naik.

    Sabtu pukul 6:46 ·
  • Untung Wibowo Kalau BI rate adalah upaya untuk menekan inflasi dengan mengurangi jumlah uang yang beredar sedangkan yang punya otoritas untuk mencetak uang adalah BI sendiri, maka boleh tdk kita menduga si penjaga inflasi merupakan si pembuat inflasi itu sendiri? #justcurios

    Sabtu pukul 8:55 ·
  • Restya Winda Astari biar orang pengen nabung,uang yang beredar jd berkurang

    Sabtu pukul 9:15 ·
  • Apri Kamayudi wah, tararengkyu atas pencerahannya kawan!😀

    @om untung: otoritas pencetakan uang o/ BI terbatas, Om. ada itungan2nya, tp sy msh gak ngerti cemana rumusnya. :p

    Sabtu pukul 12:45 ·
  • Untung Wibowo Terus kelebihan uang yang beredar di masyarakat itu dari mana?

    Sabtu pukul 16:11 ·
  • Apri Kamayudi

    ‎@om untung: total jumlah uang itu tetap. sebagian beredar di masyarakat, sebagian di bank. hanya saja saat ini, porsi uang yang beredar di masyarakat lebih banyak dari di bank. klo uang yang beredar banyak biasanya akan terjadi inflasi / k…enaikan harga barang. misalnya saat lebaran, banyak orang ngambil uang di bank buat belanja kebutuhan lebaran, kemudian harga barang naik. kenaikan harga barang terjadi berdasarkan hukum demand and supply. uang yang beredar banyak meningkatkan daya beli masyarakat sehingga demand barangnya semakin besar, tapi karena tidak diimbangi supply barang, maka harga barang jadi mahal. semakin langka barang, semakin mahal harganya. kira2 gitu sih yg sy tangkep dr bantuan pencerahan teman2 sy yg komen d atas. CMIIW :pLihat Selengkapnya
    Sabtu pukul 19:48 ·
  • Ikhwan Alim ‎@om untung

    seharusnya, ni menurut aturannya yah, setiap jumlah uang yang dicetak dan diedarkan, seharusnya negara menyimpan emas sejumlah uang yang dicetak tersebut.. kalo aturan ini ditaati, seharusnya nilai tukar bisa relatif stabil🙂

    Sabtu pukul 22:07 ·
  • Untung Wibowo

    Pertanyaan lebih lanjut adalah kalau memang jumlah uang yang beredar tetap di masyarakat, hanya komposisinya saja yang kemudian diatur (di simpan di bank/berputar di masyarakat), maka kenapa setelah suatu event besar (seperti pasca lebaran/…masuk sekolah) dikemudian hari nilai rupiah terus melemah terhadap barang sehingga nilai tukarnya harus “disesuaikan”?

    @Pak Alif, hemm sepertinya ada yang tidak mengikuti peraturan itu setiap tahunnya :)Lihat Selengkapnya

    Sabtu pukul 23:26 ·
  • Ikhwan Alim hemm,,iya kira2 begitu. di tahun 1970-an, presiden Ni*on dari U*A mulai tidak mengikuti aturan itu dan berbagai negara lain mengikuti negara tersebut. wallahu’alam.

    Minggu pukul 17:42 ·
  • Untung Wibowo ‎@ Pak Ikhwan dan konsekuensinya adalah… bahkan seorang gayuspun tidak akan bisa memanipulasi pembayaran “pajak” yang satu ini… inflasi.

    Kemarin jam 8:15 ·
  • Ikhwan Alim Inflasi adalah konsekuensi logis dari penggunaan mata uang yg nilainya tidak sesuai dengan nilai intrinsikknya.

    Kemarin jam 14:37 ·
  • 2 thoughts on “komen-komenan status di facebook

    1. sekarang, besar mana uang elektronik atau uang tunai yang beredar??setahu saya lekuiditas (ini istilah uang tunai yang ada di bank bukan?) itu tidak sebanding dengan angka deposito dan tabungan masyarakat. makanya kalo terjadi penarikan besar2an oleh masyarakat ekonomi negara pasti berantakan.

      jaminan mata uang oleh pemerintah sekarang bukan dengan mas lagi ya? tapi dengan mata uang lainnya?

      Suka

      • likuiditas bukan istilah untuk uang tunai yang ada di bank. tapi istilah untuk menggambarkan seberapa “mengalir”nya uang kita itu. di negara dipakai, di perusahaan juga dipakai.baik aliran masuk maupun keluar.

        harusnya pakai emas,bro. tapi keqnya ga pakai jaminan apa2 lagi.

        Suka

    Tinggalkan Balasan

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s