Kita (masih) Perlu Rasa Takut


Banyak orang merasa khawatir tidak siap ketika diminta menjadi seorang public speaker. Takut, katanya. Takut di depan tidak bisa mengeluarkan kata-kata, takut terdiam seribu basa, takut ditertawakan, takut yang disampaikan malah melebar ke mana-mana dan berbagai ketakutan lainnya. Padahal, ketakutan yang menghinggapi seorang calon public speaker adalah biasa terjadi. Pada siapapun. Baik yang sudah terbiasa, maupun yang baru menjadi public speaker. Seorang Charles Bonar Sirait pun juga mengalami ketakutan yang sama. Tapi apakah lantas, ketakutan ini adalah sebuah keburukan? Apakah lantas ketakutan harus kita hapuskan sepenuhnya dari diri kita?

Keberanian adalah salah satu aspek penting yang akan menunjang sukses tidaknya kita dalam melakukan suatu public speaking. Tapi itu cuma salah satu aspek saja. Masih banyak aspek lain yang perlu kita perhatikan.

Justru kita membutuhkan ketakutan untuk menyadarkan diri kita bahwa kita belum siap. Ingat, momentum public speaking adalah momentum yang sangat jarang sesungguhnya. Materi yang sama, audiens yang sama, tempat yang sama, pembicara yang sama adalah sesuatu yang nyaris tidak akan terulang, saya kira. Jadi, setiap kesempatan yang diberikan harus kita maksimalkan. Karena hanya itulah satu-satunya kesempatan. Dan untuk inilah kita perlu rasa takut. Rasa takut bahwa kita belum cukup menguasai materi kita. Rasa takut bahwa kita belum cukup berlatih. Rasa takut bahwa kita belum cukup mengenal siapa saja audiens kita, dan berbagai ketakutan lainnya. Intinya, rasa takut bahwa ketikadsiapan kita akan berujung pada hasil yang tidak maksimal, harus tetap kita pelihara.

Memunculkan keberanian perlu, mereduksi ketakutan juga penting. Tapi memelihara adanya ketakutan yang tepat, juga penting agar kita dapat memberikan suatu public speaking yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s