Langkah ber-Mind Mapping


Di tulisan sebelum ini, saya menyarankan untuk lebih banyak menggunakan metode mind-mapping. Bukan apa-apa, tapi terus terang, karena metode ini lebih efisien. Dalam waktu yang relatif singkat, anda dapat menyimpan dan mengeluarkan/memberikan informasi yang baru saja anda dapat. Tidak hanya yang baru saja anda dapat, sebenarnya. Tapi sesuatu yang sangat dalam tersimpan di memori anda, bertahun-tahun anda lakukan, setiaa hari menjadi kegiatan anda, juga bisa anda kemukakan secara sederhana dengan metode mind-mapping.

Itu tentang tulisan sebelum tulisan yang sedang anda baca saat ini. Sekarang, mari kita berbicara bagaimana secara teknis, kita menggunakan metode ini. Suatu kesia-siaan ‘kan ketika anjuran sudah berikan, bila tidak diikuti dengan suatu pedoman teknis?

Pertama, mulailah dengan suatu kertas kosong. Tidak harus kertas, tapi boleh juga papan tulis. Whiteboard atau blackboard sama saja. Gunakan secara landscape, begitu microsoft word, biasanya bilang. Lalu, letakkan satu kata kunci anda di tengah-tengah kertas/papan tulis. Cukup satu kata saja, yang menurut anda, menjadi titik awal dari mind-mapping yang akan anda buat.

Kedua, buatlah secara radial. Artinya, perluaslah satu kata yang sudah anda tuliskan, dengan kata-kata yang lain. Ke sekeliling kata pertama tersebut. Boleh ke kanan, kiri, atas, bawah, dan lain sebagainya. Ini namanya arah radial. Dan hubungkan kata baru tersebut dengan kata utama anda. Gunakan suatu garis, atau semacam dahan (bila ini dimisalkan dengan pohon), analogi jalan raya juga bisa kita gunakan. Jadi, pada kata yang baru, anda beri garis hubungnya. Ini adalah pada tahap kedua.

Tahap ketiga, bertindak kreatiflah. Gunakan belahan otak kanan anda secara maksimal. Gunakan berbagai warna, boleh merah, hijau, biru, dan seterusnya. Dan boleh juga gunakan berbagai gambar. Sebenarnya, untuk tahap kedua tidak harus menggunakan kata. Gambar juga boleh. Pilihlah gambar yang mewakili maksud/makna yang ingin anda sampaikan.

Oiya, jangan pernah mengubah tulisan yang sudah ditulis, atau gambar yang sudah dibuat. Ini adalah proses kreatif, proses yang menggunakan ide yang tiba-tiba muncul di benak anda. Jadi jangan meng-edit ide tersebut kemudian. Percayalah, sebaiknya anda jangan mengubah ide anda. Tunggu saja , hasil akhirnya pasti akan bagus sekali🙂

Di tahun 1970 majalah saintifik Amerika mempublikasi hasil penelitian Ralph Haber yang menunjukkan bahwa individu dapat mengingat kembali gambar secara akurat sekitar 85 – 95 persen. Seperti quote yang biasa kita dengar “sebuah gambat senilai dengan ribuan kata”. Kita mengasosiasikan dan mengingat gambar karena gambar menggunakan berbagai macam cortical skills anda, terutama imajinasi. Gambar bisa lebih mampu membangkitkan ingatan daripada kata-kata, lebih presisi dan punya potensi dalam merangsang asosiasi dalam rentang yang luas (wide range of associations), karena itu akan memperkuat pikiran kreatif dan daya ingat.

Dalam menyempurnakan peta pikiran yang anda buat dari waktu ke waktu, cobalah untuk selalu menyisakan ruang dari tiap mind-mapping yang pertama kali anda buat. Jadi, pada kesempatan pertama tuangkanlah seluruh isi pikiran anda, baik dari otak kanan maupun otak kiri, seluruhnya di atas kertas atau papan tulis. Kemudian, simpanlah hasil pikiran anda tersebut. Lakukan kegiatan yang lain. Di waktu yang lain, ketika pikiran anda masih segar (fresh), cobalah untuk membuka lagi mind –mapping yang sudah anda buat.

Baca dengan seksama, perhatikan seluruh kata, gambar dan warna. Adakah sesuatu yang ingin anda tambahkan? Nah, begitu ada yang akan anda tambahkan, disanalah yang disebut dengan penyempurnaan mind-mapping. Karena itu, ada baiknya bagi kita untuk menyediakan ruang kosong di tepi kertas atau papan tulis, setiap kita selesai membuat mind-mapping.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s