Catatan Akhir Tahun 2010


Hari ini hari terakhir di tahun 2010. Beberapa jam lagi tahun ini akan berakhir. Sebelum melangkah ke tahun baru 2011, saya ingin mengingat kembali perjalanan hidup saya selama setahun terakhir ini. Hitung-hitung semacam kaleidoskop kehidupan saya. Mudah-mudahan kebiasaan ini bisa berlanjut di tanggal yang sama, di tahun-tahun berikutnya.

Saya mengawali tahun ini dengan masih menjabat selaku Menteri Koordinator Pengembangan Kemahasiswaan di Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB. Di bawahnya ada tiga kementerian : keprofesian dan inovasi, pengabdian masyarakat dan ekonomi. Sepanjang tahun kepengurusan, kementerian PM berfokus pada penanganan dua gempa : Jawa Barat dan Sumatera Barat. Proinov menutup akhir kepengurusan dengan kegiatan besar ITB Fair 2010, yang tahun ini bertema community development. Sedangkan departemen ekonomi membangun brand baru kegiatan entrepreneurship : Gen-E, singkatan dari Generating Entrepreneur. Re-branding juga dilakukan oleh kementerian ini terhadap IEC, yang kini bernama ITB Entreprenership Challenge.

Kurang lebih dua pekan setelah ITB Fair di 6-7 Februari 2010, saya melaksanakan seminar Tugas Akhir S-1 saya. Saya mendapat giliran terakhir dari 11 peserta. Bertempat di ruang Seminar, tempat saya sangat biasa melakukan presentasi. Alhamdulillah, mendapat nilai A. Di awal bulan Maret, saya melaksanakan sidang sarjana. Saya kembali mendapat giliran terakhir, yakni peserta keenam, di ruang sidang lantai 2. Hasilnya langsung diumumkan saat itu juga, dan saya mendapat nilai AB. Alhamdulillah🙂

Sebulan jelang kepengurusan berakhir, kami menyempurnakan laporan pertanggungjawaban, melaksanakan laporan pertanggungjawaban kepada Kongres KM ITB 2009-2010 dan menyampaikan hasil perjuangan kami selama setahun kepada massa kampus. Akhirnya, 7 April 2010 serah terima jabatan Ketua Kabinet dan MWA wakil mahasiswa 2009-2010 kepada Ketua Kabinet dan MWA wakil mahasiswa 2010-2011. Tiga hari kemudian, pada 10 April 2010, saya dan Arya Pradipta (MA05), Robby Rahadian (FT05), Herwin Iriansyah (FT05), Ridwan Wijaya (TI05), dan Mizan Bustanul Fuady (PL05), semuanya sesama rekan kerja di Kabinet dan MWA 2009-2010, diwisuda sebagai sarjana di Sasana Budaya Ganesha ITB.

Saya kemudian melakukan freelance di perusahaan pengembang brand Antimo di Semarang : PT.Phapros bersama rekan di farmasi dulu : Imelda Victoria Imang. Saya lebih banyak mengerjakan tugas terkait manajemen di departemen Pengembangan Produk. Di antaranya, optimasi penjadwalan pengembangan produk, analisis jabatan, dan berbagai tugas lainnya. Tiga pekan setelah freelance, saya kembali ke Bandung untuk mendaftar ulang sebagai mahasiswa Magister Bisnis dan Administrasi di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB. Tes penerimaan saya lakukan sebelum berangkat ke Semarang. Saya menjadi freelancer selama 2 bulan, dari awal Mei hingga akhir Juni.

Kuliah perdana di MBA ITB resminya dilakukan di tanggal 9 Agustus 2010, tetapi kelas saya, kelas B baru mulai melaksanakan perkuliahan sejak hari rabu. Hari kuliahnya, rabu, kamis dan jumat. Senin dan selasa lebih banyak kami gunakan untuk mengerjakan tugas kuliah. Saya masuk ke dalam sindikat B3 angkatan 43B, yang beranggotakan Levina Sunantio, Vilomina Siregar, Larasati Prawitasari, Andrianto Wibowo, dan Puji Prabowo. Kami menjadi juara II pada kontes debat di angkatan 43 yang diselenggarakan oleh MBA ITB, di sepanjang bulan Oktober. Berikut adalah link terkait, tentang bagaimana memenangkan kontes debat. Kuliah dan ujian semester berakhir di bulan November 2010.

Demikian cerita perjalanan saya di tahun 2010 ini. Mudah-mudahan ini menjadi Sebuah Kisah Klasik untuk Masa Depan bagi saya pribadi dan terutama anda, pembaca blog ini.

Salam Sukses, Ikhwan.

Tinggalkan Balasan

