Proficio Days


Proficio days,, kegiatan kongkrit untuk memperkenalkan kepada teman-teman mahasiswa di kampus ITB tentang pentingnya unsur “panggilan jiwa” dalam aktivitas profesional kita. “panggilan jiwa” yang dimaksud di sini merupakan totalitas kita untuk melayani masyarakat kita berdasar kemampuan/kompetensi yang kita miliki (dalam konteks mahasiswa sebagai intelektual, kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi program studi yang telah dipilih).

Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari. Dimana hari pertama membahas tentang hakikat keprofesian dan pengembangan komunitas keprofesian.

Zulkaida akbar di hari pertama membahas tentang “reorientasi gerakan mahasiswa”, yaitu bahwa sudah sepatutnya gerakan mahasiswa menyesuaikan diri dengan irama peradaban sesungguhnya, yakni gerakan intelektual. Tentu, yang dimaksud oleh beliau dalam konteks ini adalah bahwa gerakan yang dibangun oleh mahasiswa sudah harus “full of knowledge”.

Mizan Bustanul menyampaikan tentang proficio. Sudah dibahas dalam artikel ini.

Pengembangan komunitas keprofesian menghadirkan Pak Indratmo, perwakilan dari LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) ITB yang menceritakan tentang organisasi yang beliau pimpin. Kemudian ada dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), Pak Dwi Larso yang membahas tentang pengembangan komunitas keprofesian untuk industri. Di sini, beliau sedikit menyinggung tentang e-track dan CIEL (Centre for Innovative, Entrepreneruship and Leadership). Kemudian ada mas Muhammad Bijaksana Junerosano dari Greeneration Indonesia (pendiri unit U-Green di ITB).

Hari kedua membahas tentang bagaimana menemukan ide penelitian (oleh Pak Tatang Hernas, dosen Teknik Kimia ITB) dan menuliskan proposal penelitian yang menjual (oleh Pak Wawan, dosen MKDU ITB).

Berikut adalah berita mengenai Proficio Days di portal ITB.

One thought on “Proficio Days

  1. Oy wan, gimana caranya ya kita bikin acara yg bisa menjangkau penghujung ITB sana? g hanya sekedar orang2 aktif himpunan doanx..
    ingin rasanya mencoba publikasi hingar bingar dan funky metal. Olala!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s