Indonesia Mengajar


ANAK-ANAK itu tampak antusias berdiskusi dengan guru mereka. Di dalam kelas, mereka bertanya tanpa lelah. Sebaliknya, sang guru tak pernah kehabisan jawaban. Semua berakhir hanya setelah bel berbunyi. Anak-anak itu kembali ke rumah sambil berlari riang melewati pematang sawah.
Guru berkualitas yang hadir di kampung nun jauh di pelosok negeri ini dan anak-anak yang kritis dan cerdas nyatalah bukan sebuah mimpi. Semua itu diwujudkan dengan berbekal gagasan dan juga kerja keras.

Indonesia Mengajar adalah buah dari gagasan mewujudkan keinginan itu. Anak-anak Indonesia di mana pun harus mendapatkan pengajaran dan pendidikan dengan didampingi generasi terbaik bangsa ini.
Kondisi pendidikan di negeri ini memang masih sarat masalah. Distribusi dan kualitas guru ada di antara banyak persoalan yang muncul. Dari berbagai laporan dan studi, distribusi dan ketersediaan guru berkualitas masih menjadi kendala.
Salah satu studi itu melaporkan kekurangan jumlah guru yang hampir merata. Di perkotaan, sebanyak 21 persen sekolah kekurangan guru. Di pedesaan, tercatat 37 persen sekolah. Parahnya lagi, di daerah terpencil, sebanyak 66 persen sekolah kekurangan guru. Uniknya, 68 persen sekolah di perkotaan mengalami kelebihan guru.

Indonesia Mengajar berupaya mengurangi kesenjangan itu. Tidak hanya dalam soal jumlah, tapi juga dalam hal kualitas. Indonesia Mengajar merekrut lulusan terbaik dari perguruan tinggi terbaik di Tanah Air, melatihnya menjadi pengajar muda yang mumpuni, lalu mengirimnya ke sekolah-sekolah hingga ke ujung negeri ini dalam skema kerja yang menarik.
Dalam jangka pendek, dari para lulusan terbaik beberapa universitas terbaik di Indonesia itu, lahir tenaga pengajar yang andal, yang memiliki motivasi tinggi untuk menjadi cahaya bagi para siswa yang kurang beruntung di daerah terpencil. Mereka diharapkan akan mendorong kualitas belajar yang lebih baik.

Kelak, para pengajar muda akan menumbuhkan inspirasi bahwa menjadi guru tidak sekadar mulia, tapi juga bergengsi, menarik, dan menjanjikan sebagai profesi. Dengan demikian, negeri ini akan memiliki putra-putra terbaik bangsa yang akan mendampingi siswa dan berdiri di depan kelas.
Pada akhirnya, melalui cara ini pula diharapkan tercipta jejaring bagi para pemimpin masa depan Indonesia. Pengalaman mengajar di wilayah-wilayah yang membutuhkan pendidikan akan memengaruhi keputusan yang mereka ambil di masa depan. Mereka telah mendapatkan pemahaman, empati, keyakinan, serta nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan yang diambil dan digali dari sumber terbaiknya, yaitu khazanah masyarakat negeri kita sendiri.

berikut koleksi LKBN Antara :

3 thoughts on “Indonesia Mengajar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s