Meratakan Jadwal yuk!


Saya terinspirasi dari buku yang sama dalam artikel ini. Buku ini menjelaskan konsep heijunka , yaitu konsep meratakan jadwal proses produksi. Tentunya, para pelaku industri tidak menghendaki mereka menyimpan bahan baku yang berlebihan atau hasil produksi yang juga berlebihan. Semua ketersediaan bahan baku dan hasil produksi didasarkan pada permintaan suplier, yaitu pihak penyedia bahan baku dan pelanggan, yakni pihak-pihak yang berkepentingan atas hasil produksi tersebut.

Berikut adalah contohnya.

dalam gambar di atas, pabrk diminta untuk menyediakan 17 kendaraan sedang, 16 kendaraan kecil dan 4 kendaraan besar dalam satu pekan produksi. Tapi, disni harus dilakukan changeover yaitu proses setting mesin untuk menyesuaikan dengan kebutuhan permintaan produksi.

Nah,setelah dilakukan heijunka, penjadwalan proses produksi yang dilakukan menjadi sebagai berikut :

Yakni, 4 kendaraan sedang, 2 kendaraan kecil dan 1 kendaraan besar dalam tiap hari produksi. Atau 20 kendaraan sedang, 10 kendaraan kecil dan 5 kendaraan besar dalam 1 pekan produksi. Kita dapat melihat bahwa terjadi perbedaan jumlah kebutuhan bahan baku dan produk yang dihasilkan. Di sinilah seninya, heijunka, yaitu meratakan proses produksi dengan tujuan mereduksi muda, yakni suatu istilah jepang yang berarti pemborosan.

Konsep heijunka ini dapat kita terapkan dalam hidup kita. Maksudnya, adalah meratakan jadwal untuk mencapai hasil yang efisien dan efektif. Misalnya, kebutuhan kita untuk berinteraksi di dunia maya melalui warung internet adalah 5 kali dalam sepekan. Maka perataan jadwal yang kita lakukan adalah (mialnya), 2 hari sekali. Atau, misalkan kebutuhan belajar mandiri kita berupa membaca buku adalah sebanyak 2 jam sehari. Maka kita bisa meratakan jadwal untuk memudahkan efisiensi dan efektifitas terhadap hal lain juga. Misalnya, kita merencanakan jadwal membaca buku pelajaran dalam sehari adalah 2 jam pada pukul 10-12 malam setiap hari. Maka, dengan adanya jadwal tersebut, akan memudahkan bagi kita untuk mengatur jadwal lainnya. Misalkan meeting dengan rekan bisnis, berkumpul bersama keluarga, mengajar, dan lain sebagainy🙂

Mudah-mudahn menginspirasi,,

Salam

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s