GMAT dan TOEFL


Graduate Management Admission Test, atau biasa disingkat GMAT adalah suatu tes dalam penerimaan mahasiswa baru di program magister administrasi bisnis. Tes ini secara umum meliputi Bahasa Inggris dan Matematika dasar. Bahasa Inggris-nya sendiri terdiri dari 3 macam : reading comprehension, sentence correction dan critical reasoning. Dan satu lagi, yaitu Analytical Writing Assessment.

Kemudian, matematika dasarnya sendiri terdiri dari berbagai macam soal yang dapat dikelompokkan menjadi 4 bidang : aritmatika, aljabar, statistik dan geometri. Yang dimaksud aritmatika adalah penrhitungan dasar, yakni : penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian (termasuk dengan prioritas penghitungan, tentu saja). Aljabar adalah bahasa matematika yang digunakan untuk mensolusikan masalah yang sebelumnya disimbolkan melalui suatu variabel (misal : y=3x; dengan x adalah bilangan bulat positif, maka berapakah y?). Kemudian, statistik adalah bidang matematika yang berhubungan erat dengan data-data. Sedang geometri, sebagai bidang terakhir adalah yang berhubungan dengan bangun datar atau bangun ruang, termasuk trignometri di dalamnya.

*) FYI, pendidikan manajemen di Indonesia yang setingkat S2, diberi nama Magister Manajemen (MM) oleh DIKTI (direktorat pendidikan tinggi). Akan tetapi, sesungguhnya terdapat dua macam pendidikan magister manajemen (setahu saya, kedua nama ini belum diakui secara resmi oleh DIKTI, karena itu kebanyakan kampus memberi nama MM). Kedua macam pendidikan tersebut, di satu sisi mempelajari sains manajemen saja, atau hanya mempelajari sisi lainnya, yaitu bisnis administrasi.

=====================================================

TOEFL (Test of English as Foreign Language) adalah tes yang digunakan di seluruh dunia (meski bukan satu-satunya tes standar untuk menilai kualitas bahasa inggris) dengan skala 0-600. Isinya mencakup listening comprehension, grammar structure, reading comprehension dan writing. Oh iya, TOEFL adalah tes untuk logat amerika-nya. Untuk british language-nya ada IELTS.

Beberapa lembaga pendidikan bahasa inggris menyelenggarakan TOEFL prediction. Jadi, tes TOEFL-nya mirip sekali, hanya saja tidak ada tes writing-nya. Biaya TOEFL sekitar US$100-110.

One thought on “GMAT dan TOEFL

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s