Melakukan Brand Assessment


Survey adalah salah satu metode untuk memperoleh data dan informasi (bedakan data dengan informasi) yang akurat dalam assesment/penilaian terhadap suatu hal yang ingin kita ukur. Data dan informasi ini berperan penting agar penilaian yang dilakukan tidak berdasar asumsi semata. Dengan kata lain, tidak asal klaim.

Metode lain yang biasa digunakan dalam Brand Assesment adalah wawancara dan observasi (pengamatan lapangan. Dalam wawancara inilah –yang terutama—membedakan antara data dan informasi. Karena wawancara tidak berupa data, melainkan informasi yang signifikan (biasanya dari sedikit orang tertentu,,misalnya direktur perusahaan produsen merek tersebut). Sedangkan observasi biasanya mendapatkan data.

Brand/merek adalah nama,istilah,simbol,logo,desain, atau kombinasi itu semua, yang digunakan untuk mengidentifikasikan suatu produk, jasa, destinasi, atau program oleh pemasar dan juga untuk membentuk diferensiasi (perbedaan) dengan hal serupa dalam kompetisinya untuk memperebutkan persepsi konsumen.

Nah, karena produk itu dibuat di pabrik, sedangkan brand/merek itu dibentuknya di persepsi konsumen, maka harus dilakukan brand assesment/ penilaian merek terhadap brand/merek tersebut yang datanya diambil berdasar perspektif konsumen. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk brand assesment/penilaian merek ini adalah metode CBBE (customer-based brand equity).

  • Who are you? (Brand identity)
  • What are you? (Brand meaning)
  • What about you? What do I think or feel about you ? (brand responses)
  • What about you and me? What kind of association and how much of a connection would I like to have with you? (brand relationship)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s