Melakukan Brand Assessment (2)


Yang termasuk dalam bahan wawancara, observasi dan survey :

  • Sejarah
  • Logogram
  • Tagline
  • Manner
  • 4Ps (product,prive,place,promotion)
  • Segmenting,targeting,positioning
  • Awareness, preferences, loyalty

Sejarah

Pembentukan brand/merek di benak konsumen bukan merupakan proses yang mudah dan cederung membutuhkan waktu yang tidak singkat. Karena itu sejarah dari produk, jasa, destinasi atau program tersebut juga mengambil peranan penting. Tentu faktor-faktor penting yang signifikan dalam sejarah ini adalah usia dari brand tersebut, serta aktivitas komunikasi apa saja yang sudah pernah dilakukan hingga saat ini.

Logogram

Inilah peran pentingnya desain komunikasi visual. Bagaimana menampilkan suatu desain logogram yang komunikatif dan menggambarkan citra yang sesungguhnya dari sesuatu ingin di-brand-kan,,sangat terkait dengan ilmu desain komunikasi visual. Karena berbicara tentang komunikasi visual, berarti berbicara tentang psikologi persepsi, pemaknaan atas bentuk dan warna, dan lain-lain. Yang itu semua ada dalam Desain Komunikasi Visual.

Tagline

Tagline adalah janji yang disampaikan oleh pemasar brand tentang brand yang dipasarkan. Contoh sederhananya ada pada salah satu stasiun televisi kita. Tagline dari stasiun televisi tersebut adalah ”satu untuk semua”. Artinya, segala program acara yang disiarkan dari ”satu” stasiun televisi tersebut seharusnya dapat diterima oleh ”semua” pemirsanya. Kira-kira demikian contohnya untuk service branding. Untuk program branding, kita dapat menganalogikan tagline ini dengan suatu jargon yang intinya sama. Yaitu : janji yang disampaikan oleh pelaksana program/acara kepada calon penikmat program/acara tentang apa yang akan didapatkan dari program/acara tersebut.

Manner/Sikap

Sikap dari orang-orang yang menjadi bagian dari program, produk, jasa, atau destinasi juga mengambil peran penting dalam pembentukan brand-nya di calon konsumen. Karena itu, penting bagi pemasar untuk melakukan standardisasi terhadap orang-orangnya yang banyak berinteraksi dengan calon konsumen. Dalam perusahaan, biasanya dibentuk struktur khusus yang memang ditugaskan untuk menghadapi calon konsumennya. Biasanya bidang struktur ini diberi nama public relation.

  • Product

Elemen produk menjabarkan jenis- jenis produk yang ditawarkan oleh perusahaan dan menjelaskan alasan mengapa jenis- jenis produk tersebut yang ditawarkan.

  • Price

Elemen harga menjelaskan tentang strategi yang digunakan perusahaan dalam menetapkan harga produk yang akan dipasarkan. Sebelum menentukan harga yang sesuai, terlebih dahulu diperhatikan karakteristik- karakteristik berikut ini:

  • Promotion

Promosi adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dalam usaha memperkenalkan, memberikan pengetahuan, dan menanamkan image produk kepada target pasar yang dituju. Agar pesan produk dapat tersampaikan dengan baik kepada pasar, perlu dilakukan strategi yang sesuai.

  • Place

Elemen tempat menjelaskan channel distribusi yang dipilih oleh perusahaan dalam memasarkan produknya. Untuk tokobuku.com, sebagai perusahaan online, elemen ini tidak begitu perlu diperhatikan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s