Pengembangan Entrepreneurship di ITB (2)


POTENSI & RISIKO

Potensi/peluang berarti melihat sesuatu yang sudah ada sebagai sesuatu yang (masih) bisa dikembangkan lebih lanjut lagi. Sebagai contoh : melihat gelas yang hanya berisi air sebanyak setengah volumenya, para entrepreneur melihatnya sebagai “setengah penuh” bukan melihatnya sebagai “setengah kosong”. Jadi entrepreneur akan melihatnya sebagai gelas setengah penuh “yang tinggal” diisi setengahnya lagi. Persepsi positif terhadap sesuatu hal ini, sedikit banyak membedakan para entrepreneur dengan non-entrepreneur.

Para entrepreneur juga banyak mengalami kegagalan. Tapi itu tadi, karena kekuatan persepsi positif yang dimiliki, entrepreneur menganggap kegagalan sebagai suatu kesempatan pembelajaran. Mereka adalah manusia-manusia yang menerapkan prinsip “kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda”. Pun mereka menyikapi kegagalan sebagai sesuatu yang harus direnungi sesaat saja dan diambil manfaatnya. Bukan berlama-lama bersedih hati dan menceritakan semua kesedihannya di blog, lewat status Facebook, (apalagi) mencurahkan ke sahabat-sahabat dekatnya. Dan bukan lantas mengambil sikap untuk tidak (akan) mencoba lagi.

Para entrepreneur pun tidak ketakutan melihat risiko. Mereka bukan para penghindar risiko, melainkan mereka adalah orang-orang yang selalu mempersepsikan risiko sebagai sesuatu yang dapat disiasati. Dalam bahasa inggrisnya, calculated risk taking & risk seeking. Artinya adalah, melihat dan mengambil risiko yang terkalkulasi (terukur baik). Sebelum mensiasati risiko, tentunya para risk taker ini telah mengukur baik-baik kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi.

One thought on “Pengembangan Entrepreneurship di ITB (2)

  1. Ping balik: Alhamdulillah.. Buku pertama yang saya tulis! « potret perjalanan seorang Ikhwan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s